Penulis Utama : Fitri Harum Luk-luk
NIM / NIP : K7116061
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk (1) meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman peserta didik melalui penerapan model Mind mapping pada peserta didik kelas kelas III SD Negeri Totosari Surakarta tahun ajaran 2019/2020, (2) mendeskripsikan penerapan model Mind mapping dalam meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Peserta didik SD Negeri Ttosari Suakaerta 2019/20209. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdapat tiga pertemuan. Subjek penelitian ini guru dan peserta didik kelas III SD Negeri Totosari Surakarta Tahun 2019/2020 yang berjumlah 30 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Siklus I dengan dua kali pertemuan diperoleh data bahwa peserta didik yang memiliki keterampilan membaca pemahaman dengan kategori sangat terampil 10 siswa atau sebesar 33,33% dan ada 9 siswa yang masuk kategori terampil atau 30%. Dilanjutkan dengan siklus II yang menunjukkan bahwa ada 10 siswa dengan kategori sangat terampil atau 33,33% dan 14 siswa kategori terampil atau 46,67%. Pembelajaran menggunakan model mind mapping dengan langkah-langkah mengorientasikan pada pemahaman suatu bacaan, ketepatan struktur organisasi teks, struktur kalimat, penulisan tanda baca dan huruf kapital serta jumlah kalimat telah dilaksanakan siswa dengan baik dan indikator yang telah dipaparkan sudah tercapai dengan baik.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model mind mapping dengan langkah-langkah membaca teks bacaan, membuat mind mapping dan mempresentasikan serta menuliskan kembali teks bacaan kemudian diakhiri dengan evaluasi dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III SDN Totosari No.102 Tahun ajaran 2019/2020.  


Kata kunci: Keterampilan Membaca Pemahaman, model Mind Mapping

 

×
Penulis Utama : Fitri Harum Luk-luk
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116061
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SDN Totosari Surakarta Tahun 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7116061-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hartono, M.Hum.
2. Karsono, S. Sn, M. Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.