Penulis Utama : Halimah
NIM / NIP : K7116069
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan penalaran matematis melalui penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Pendekatan ini dapat melatih peserta didik untuk berpikir secara sistematis dan membiasakan pola pikir yang divergen.
Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan 3 pertemuan pada masing-masing siklus.  Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Tunggulsari 1 Surakarta tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 30 peserta didik. PTK ini terdiri dari empat tahap, yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) observasi; dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik  .
Hasil tindakan pada siklus 1 pertemuan 1 menghasilkan persentase sebesar 47% secara klasikal., pertemuan 2 sebesar 50% secara klasikal dan pertemuan 3 sebesar 60% secara klasikal. Penelitian dilanjutkan pada siklus 2 dengan persentase ketercapaian klasikal pada pertemuan 1 sebesar 73%, pertemuan 2 sebesar 77% secara klasikal dan pertemuan 3 sebesar 83% secara klasikal. Tindakan yang dilakukan pada setiap siklus mengalami kenaikan persentase ketercapaian keterampilan penalaran matematis. Dengan demikian, menunjukkan bahwa keterampilan penalaran matematika dapat ditingkatkan melalui penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME).

Kata Kunci: keterampilan penalaran matematis, pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), sekolah dasar.

 

×
Penulis Utama : Halimah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116069
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Keterampilan Penalaran Matematis (Penelitian Tindakan Kelas Peserta Didik Kelas V SD Negeri Tunggulsari 1 Tahun ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7116069-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Riyadi, M.Si.
2. Dr. Idam Ragil Widianto Atmojo, S.Pd., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.