Penulis Utama : Luthfia Fahmi Khoiriana
NIM / NIP : F3317034
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penentuan harga pokok produksi dengan menggunakan metode harga pokok pesanan pada UD.Bintang Konveksi untuk pesanan baju seragam olahraga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Penelitian ini dilakukan dengan cara membandingkan teori dengan praktik yang terjadi pada perusahaan yang bersangkutan. Informasi yang digunakan dalam penelitian diperoleh melalui wawancara yang dilakukan dengan pemilik perusahaan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya selisih perhitungan harga pokok produksi yang dilakukan oleh perusahaan dengan metode harga pokok pesanan.Perbedaan tersebut berupa harga pokok produksi yang menggunakan metode harga pokok pesanan lebih rendah dibandingkan dengan perhitungan yang dilakukan perusahaan.Selisih harga pokok produksi terletak pada biaya overhead pabrik.Perusahaan membebankan biaya overhead pabrik dengan menggunakan perkiraan berdasarkan rata-rata biaya overhead pabrik yang dikeluarkan.

Dengan metode harga pokok pesanan, biaya overhead pabrik yang dikeluarkan dapat diketahui dengan lebih akurat sebagai dasar perhitungan keuntungan yang dihasilkan dari harga jual yang telah ditetapkan.

Berdasarkan hasil dari penelitian, rekomendasi yang dapat diberikan berupa penerapan metode harga pokok pesanan dengan membebankan biaya overhead pabrik berdasarkan tarif yang ditentukan dimuka dengan dasar pembebanan biaya bahan baku.

Keyword : Harga Pokok Produksi, Harga Pokok Pesanan, Biaya Overhead Pabrik

×
Penulis Utama : Luthfia Fahmi Khoiriana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3317034
Tahun : 2020
Judul : Kelayakan Penerapan Penentuan Harga Pokok Produksi dengan Metode Job Order Costing pada Ud. Bintang Konveksi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Studi Akuntansi-F3317034-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Hantoro, SE., M.Si., Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.