Penulis Utama : Sulthan Nashrullah Putra Arfianto
NIM / NIP : D1417033
×

ABSTRAK

Alasan memilih BBS TV Surabaya sebagai tempat magang bagi penulis adalah karena BBS TV Surabaya memenuhi tujuan Kuliah Kerja Media yang antara lain yaitu memberikan kesempatan bagi penulis untuk mengetahui mekanisme produksi dalam penyajian program berita dalam televisi secara langsung, serta bagaimana bekerja sebagai asisten produser berita dari pra produksi hingga pasca produksi.
Program berita adalah sebuah program siaran yang bertujuan untuk memberikan informasi atau pengetahuan untuk khalayak atau audien tentang peristiwa terkini yang sedang terjadi dimasyarakat entah itu sekarang ataupun yang telah berlalu. Menurut Peter Herford, setiap stasiun televisi dapat menayangkan berbagai program hiburan seperti film, musik, kuis, talk show dan sebagainya, tetapi siaran berita merupakan program yang mengidentifikasi suatu stasiun TV kepada pemirsanya. Program berita menjadi identitas khusus atau identitas lokal yang dimiliki suatu stasiun televisi. Dengan demikian, stasiun televisi tanpa program berita akan menjadi stasiun tanpa identitas setempat. Program berita juga menjadi bentuk kewajiban dan tanggung jawab pengelola televisi kepada masyarakat yang menggunakan gelombang udara publik. Morissan (2008:2)
Penulis melaksanakan Kuliah Kerja Media selama kurang lebih selama dua bulan menjadi asisten produser Lintas Berita di BBS TV Surabaya, karena ketertarikan penulis terhadap proses produksi program berita. Kemudian penulis mendapat kesempatan mempelajari lebih dalam tentang jobdesk sebagai asisten produser, serta memahami secara langsung bagaimana proses pengerjaan berita.
Penulis merasa sangat beruntung mendapat kesempatan menjalankan Kuliah Kerja Media di BBS TV Surabaya. Begitu banyak ilmu yang penulis dapatkan terkait bidang penyiaran terutama dalam jobdesk sebagai asisten produser. Kini penulis tahu bahwa produser dan asisten produser berita sangat berperan penting dalam mengolah konten berita agar pesan yang disampaikan sampai kepada penonton. Penulis juga mendapat pelajaran dari DIII Komunikasi Terapan yang menghimbau mahasiswanya untuk mencari instansi untuk menjalankan magang dengan mandiri.

Kata Kunci : BBS TV Surabaya, Asisten Produser, Lintas Berita, Berita, Televisi.

 

×
Penulis Utama : Sulthan Nashrullah Putra Arfianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1417033
Tahun : 2020
Judul : Tugas dan Fungsi Asisten Produser dalam Program Lintas Berita di BBS TV Surabaya
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-D III Penyiaran-D1417033-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Heri Setyawan, S.Sos., M.Sn.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.