Penulis Utama : Nurjihan Hasanah
NIM / NIP : K7116137
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah model Experiential Learning dengan media pianika; (2) meningkatkan keterampilan bernyanyi melalui model Experiential Learning dengan media pianika; dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam peningkatan keterampilan bernyanyi melalui model Experiential Learning dengan media pianika.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan lima pertemuan. Pada setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V SDN 1 Bandung Kebumen yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik sedangkan validitas isi menggunakan kisi-kisi. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penggunaan model Experiential Learning dengan media pianika yaitu: a) Concrete Experience (pengalaman nyata); b) Reflective Observation (refleksi); c) Abstract Conceptualization (penyusunan konsep abstrak), dan d) Active Experimentation (eksperimen aktif). (2) penggunaan model Experiential Learning dengan media pianika dapat meningkatkan keterampilan bernyanyi siswa terbukti dengan peningkatan rata-rata ketuntasan hasil keterampilan bernyanyi siswa pada siklus I yaitu 71,88%,  siklus II yaitu 79,69%,  dan siklus III yaitu 84,38%. (3) kendala dalam penelitian ini yaitu: beberapa siswa kurang ekspresif dalam menampilkan praktik bernyanyi dengan pianika. Adapun solusi untuk mengatasi kendala tersebut, yaitu guru memberikan motivasi yang lebih kepada siswa seperti mencontohkan ekspresi ketika bernyanyi dengan memahami makna lagu dan tetap fokus pada saat bernyanyi, sehingga ketika latihan bernyanyi dengan pianika bisa ekspresif dengan cara menikmati lagu yang dinyanyikan.
Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model Experiential Learning dengan media pianika dapat meningkatkan keterampilan bernyanyi siswa pada siswa kelas V SDN 1 Bandung Kebumen tahun ajaran 2019/2020.
 
Kata kunci : Experiential Learning, Media Pianika, Keterampilan Bernyanyi.

 

×
Penulis Utama : Nurjihan Hasanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116137
Tahun : 2020
Judul : Peningkatan Keterampilan Bernyanyi Melalui Model Experiential Learning Dengan Media Pianika Kelas V SDN 1 Bandung Kebumen Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7116137-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.
2. Drs. Joharman, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.