Penulis Utama : Okvita Indras Wuri
NIM / NIP : K7116142
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik dengan menerapkan model Inside Outside Circle dan, (2) mendeskripsikan hasil dari penerapan model Inside Outside Circle terhadap peserta didik kelas IV SD Negeri Tunggulsari 1 Surakarta.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Tunggulsari 1 Surakarta yang berjumlah 25 orang. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, pengamatan (observasi), dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian ini yaitu dengan tindakan kelas.
Hasil yang dicapai menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara peserta didik apabila dibandingkan dengan hasil penilaian pengamatan pada pratindakan. Siklus I belum terlihat adanya peningkatan pada keterampilan berbicara peserta didik, namun aktivitas peserta didik mulai mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan pratindakan. Siklus II terdapat peningkatan sebesar 54% dan Siklus III mengalami peningkatan lagi sebesar 83%, sehingga diperoleh hasil peserta didik dengan kategori terampil dalam berbicara sebanyak 20 orang.

Kata kunci: keterampilan berbicara, model Inside Outside Circle

 

×
Penulis Utama : Okvita Indras Wuri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116142
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Inside Outside Circle (IOC) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Tunggulsari 1 Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7116142-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Idam Ragil Widianto Atmojo, S.Pd., M.Si.
2. Karsono, S. Sn, M. Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.