Penulis Utama : Ratna Arum Sari
NIM / NIP : K7116156
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembiasaan melalui kegiatan baris-berbaris dan Mendiskripsikan pembiasaan kegiatan baris-berbaris dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas 2 SD Negeri 1 Kutosari.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naratif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumetasi. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas 2C SD Negeri 1 Kutosari berjumlah 24 siswa. Analisis data menggunakan model analisis data menurut Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian ini adalah pembiasaan kegiatan baris-berbaris di SD Negeri 1 Kutosari sesuai pengamatan peneliti sudah berjalan dengan cukup hal tersebut terbukti dengan melakukan indikator baris-berbaris sebagai berikut: (1) Ketepatan gerakan sesuai aturan (2) Ketegasan pemimpin saat memberi aba-aba, (3) Kerapian dalam berbaris, (4) Kekompakan saat melakukan baris-berbaris, (5) Semangat dalam melakukan gerakan barisan, (6) Keseragaman gerakan. Kegiatan tersebut terlaksana secara rutin di pagi hari dan sudah diterapkan di semua kelas mulai dari kelas bawah hingga kelas atas. Berdasarkan hasil penelitian sikap disiplin siswa kelas 2 SD Negeri 1 Kutosari dapat terlaksana dengan baik, siswa telah tertanamkan nilai karakter disiplin meliputi  beberapa indikator yaitu sebagai berikut (1) siswa datang tepat waktu, (2) menyimak pelajaran dengan penuh perhatian, (3) mengerjakan rumah yang diberikan guru, (4) mematuhi tata tertib sekolah, (5) mentaati  nasehat guru, (6) berpakaian seragam sekolah secara rapi, dan (7) mengikuti upacara bendera dengan hikmat dan tidak membuat kegaduhan.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian tersebut adalah pembiasaan melalui kegiatan baris berbaris sudah dijalankan dengan cukup yaitu sebesar 75,09% dan kegiatan baris-berbaris mampu membentuk nilai karakter disiplin yaitu sebesar 87,27% yang artinya sudah berjalan dengan baik pada siswa kelas 2 SD Negeri 1 Kutosari.

Kata Kunci: Pembiasaan, Baris-Berbaris, Disiplin

 

×
Penulis Utama : Ratna Arum Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116156
Tahun : 2020
Judul : Pembiasaan Kegiatan Baris-Berbaris Dalam Pembentukan Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Kelas 2 SD Negeri 1 Kutosari
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7116156-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyudi, M.Pd.
2. Drs. Muh. Chamdani, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.