Penulis Utama : Retno Novianti Rahayu
NIM / NIP : K7116160
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah implementasi strategi belajar peta konsep, (2) meningkatkan hasil belajar IPS tema indahnya keragaman di negeriku, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi implementasi strategi belajar peta konsep dalam peningkatan hasil belajar ips tema indahnya keragaman di negeriku.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan enam pertemuan. Pada setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN 2 Prembun yang berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik sedangkan validitas isi menggunakan kisi-kisi. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah implementasi strategi belajar peta konsep yaitu: a) memberitahu siswa bahwa akan diajarkan strategi belajar peta konsep, b) membuat kelompok kecil, c) mengemukakan ide atau gagasan, d) menentukan konsep utama, e) membimbing siswa membuat peta konsep, f) mempresentasikan hasil diskusi, g) memberikan umpan balik, h) merangkum pelajaran, dan i) evaluasi; (2) implementasi strategi belajar peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (3) kendala dalam penelitian ini adalah  pada langkah memberikan umpan balik guru belum memberikan bintang penghargaan, adapun solusi untuk mengatasi kendala tersebut adalah guru menyiapkan stiker bintang untuk pertemuan berikutnya.
Simpulan dari penelitian ini adalah implementasi strategi belajar peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar IPS tema indahnya keragaman di negeriku pada siswa kelas IV SDN 2 Prembun tahun ajaran 2019/2020.

Kata kunci : Peta Konsep, Hasil Belajar, IPS

 

×
Penulis Utama : Retno Novianti Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116160
Tahun : 2020
Judul : Implementasi Strategi Belajar Peta Konsep Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Pada siswa kelas IV SDN 2 Prembun Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7116160-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyudi, M.Pd.
2. Drs. Joharman, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.