Penulis Utama : Rizkytha Andalia
NIM / NIP : F3317045
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan pada PT PLN (Persero) tahun 2015-2019.

Langkah untuk penelitian ini adalah melakukan analisis rasio keuangan berdasarkan rasio likuiditas, rasio solvabilitas, dan rasio profitabilitas untuk tahun 2015-2019.

Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa, jumlah kewajiban dari tahun ke tahun meningkat sehingga perusahaan tidak mampu membayar kewajiban tersebut. Selain itu, kondisi kas dan setara kas mengalami fluktuasi akibat nilai rupiah terhadap dolar yang tidak stabil. Perusahan tidak dapat menghasilkan laba bersih yang tinggi setiap tahunnya. Sebaiknya perusahaan meningkatkan aset, ekuitas, dan penjualan agar dapat membayar seluruh kewajibannya.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah kinerja keuangan PT PLN (Persero) dinilai dari tingkat likuiditas dikatakan illiquid. Tingkat solvabilitas menunjukkan bahwa perusahaan berada dalam keadaan solvable. Tingkat profitabilitas menunjukkan bahwa perusahaan berada dalam keadaan yang tidak cukup baik karena belum mampu untuk memperoleh keuntungan.

Berdasarkan temuan dari penelitian, peneliti memberikan rekomendasi agar PT PLN (Persero) mampu meningkatkan total aktiva lancar sehingga perusahaan dapat membayar kewajiban lancar jatuh tempo dan dikatakan liquid. Perusahaan diharapkan mampu untuk mempertahankan kondisi agar tetap solvable. Kemudian peneliti memberikan rekomendasi kepada peneliti selanjutnya agar dapat melakukan penelitian mengenai laporan keuangan proforma agar dapat memproyeksi kondisi keuangan perusahaan di tahun-tahun mendatang.

Kata Kunci : Rasio Profitabilitas, Solvabilitas, Profitabilitas.

×
Penulis Utama : Rizkytha Andalia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3317045
Tahun : 2020
Judul : Analisis Kinerja Keuangan pada Pt Pln (Persero) Tahun 2015-2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Studi Akuntansi-F3317045-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Santoso Tri Hananto, M.Si.,Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.