Penulis Utama : Rezkia Widya Safitri
NIM / NIP : K7116162
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Discovery Learning dengan media konkret, (2) meningkatkan pembelajaran matermatika tentang bangun datar melalalui model Discovery Learning dengan media konkret, (3) menganalisis kendala dan solusi penerapan model Discovery Learning dengan media konkret.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan di setiap siklusnya terdapat tahap-tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Tamanwinangun tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 25 siswa. Data yang digunakan berupa data kualitatif yaitu penerapan model Discovery Learning dengan media konkret dan data kuantitatif yaitu pada tes hasil belajar dalam pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data kuantitatif dan kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model Discovery Learning dengan media konkret untuk meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun datar dilaksanankan dengan langkah-langkah yaitu: (a) stimulation dengan media konkret, (b) problem statement, (c) data collection, (d) data processing dengan media konkret, (e) verification, (f) generalization; (2) penerapan model Discovery Learning dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun datar pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Tamanwinangun Tahun Ajaran 2019/2020 dibuktikan dengan hasil observasi guru pada siklus I 85,71%, siklus II 87,38% dan siklus III 90,17%. Hasil observasi siswa pada siklus I 85,57%, siklus II 87,50%, dan siklus III 90,17%. Hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I 88%, siklus II 92%, dan siklus III 94%. (3) kendala dalam penelitian ini yaitu: (a) kondisi kelas gaduh, (b) saat diskusi kelompok tidak semua siswa ikut bekerja dalam kelompok dan menyita banyak waktu. Adapun solusi yang diberikan peneliti adalah  (a) guru melakukan pengkondisian kelas, (b) guru  mengondisikan siswa agar pekerjaan kelompok dibagi secara merata dan memperhatikan waktu pembelajaran yang telah direncanakan.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model Discovery Learning dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran tentang bangun datar pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Tamanwinangun Tahun Ajaran 2019/2020.

Kata Kunci: Discovery Learning, Media Konkret, Matematika.

 

×
Penulis Utama : Rezkia Widya Safitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116162
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Discovery Learning Dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Tentang Bangun Datar Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tamanwinangun Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7116162-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyudi, M.Pd.
2. Drs. Ngatman, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.