Penulis Utama : Tasya Yustikaningtyas
NIM / NIP : F3317050
×

ABSTRAK

Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM) merupakan suatu standar keuangan yang dikeluarkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) untuk mempermudah penyusunan laporan keuangan UMKM dan dapat mempermudah dalam mengajukan kredit modal kepada lembaga keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penerapan SAK EMKM menggunakan Microsoft Excel dalam penyusunan laporan keuangan yang ada pada usaha pencucian pakaian Cupid Lundry. Dengan adanya hasil penelitian ini diharapkan dapat mempermudah dalam proses penyusunan laporan keuangan pada Cupid Laundry menggunakan Microsoft Excel yang akan di fasilitasi dengan adanya otomatisasi, sehingga dapat mengetahui laba atau rugi perusahaan.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Dalam melakukan penelitian dilakukan pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, penyusunan laporan keuangan pada Cupid Laundry masih sederhana dan manual, belum sesuai dengan standar yang berlaku yaitu SAK EMKM. Alasan Cupid Laundry masih melakukan pencatatan yang sederhana karena kurangnya pemahaman pihak Cupid Laundry mengenai akuntansi maupun standar yang berlaku sehingga penerapan SAK EMKM dalam penyusunan laporan belum diterapkan.

Kata Kunci :SAK EMKM, Laporan Keuangan, UMKM, Cupid Laundry

×
Penulis Utama : Tasya Yustikaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3317050
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (Sak Emkm) Menggunakan Microsoft Excel pada Usaha Pencucian Pakaian Cupid Laundry di Jebres Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Studi Akuntansi-F3317050-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Hantoro, S.E., M.Sc., Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.