Penulis Utama : Rodatus Sofiah
NIM / NIP : K7116176
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk: (1) mendeskripsikan penerapan langkah model Sains Teknologi Masyarakat (STM); (2) mengoptimalkan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya melalui model STM di kelas IV SDN Lerepkebumen tahun ajaran 2019/2020; (3) menganalisis kendala dan solusi pada penerapan model STM untuk mengoptimalkan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Lerepkebumen tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 siswa. Data yang digunakan berupa data kuantitatif yaitu data hasil belajar siswa pada muatan IPA materi sifat-sifat cahaya dan data kualitatif yaitu data mengenai penerapan pembelajaran IPA menggunakan model STM. Data diperoleh dari guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan (1) teknik nontes yaitu observasi dan wawancara terhadap guru dan siswa; (2) teknik tes yaitu tes hasil belajar. Teknik triangulasi digunakan untuk menguji validitas data, yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif deskriptif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model STM dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) pendahuluan: inisiasi/invitasi/ eksplorasi/apersepsi, (b) pembentukan konsep, (c) aplikasi konsep, (d) pemantapan konsep, dan (e) penilaian/evaluasi; (2) penerapan model STM dapat mengoptimalkan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya di kelas IV SDN Lerepkebumen tahun ajaran 2019/2020. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan siswa dari 56,26% pada siklus I; meningkat menjadi 76,55% pada siklus II; dan pada siklus III meningkat menjadi 90,63%; (3) kendala yang dialami pada siklus I yaitu siswa kebingungan dalam melakukan percobaan dan kesulitan dalam memahami LKS; pada siklus II terdapat dua siswa yang super aktif dan beberapa siswa tidak fokus; pada siklus III tidak terdapat kendala yang berarti. Solusi untuk mengatasi kendala yang muncul pada siklus I yaitu guru memberikan petunjuk dan arahan yang lebih mengenai prosedur percobaan sebelum siswa melakukan eksperimen dan guru memberikan bimbingan yang lebih, baik secara klasikal maupun kelompok kepada siswa dalam memahami LKS; pada siklus II guru membuat kesepakatan kelas supaya siswa bisa tertib dalam mengikuti pembelajaran dan memusatkan perhatian siswa melalui ice breaking dan tepuk-tepuk kreatif agar siswa bisa lebih fokus.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model STM dapat mengoptimalkan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya di kelas IV SDN Lerepkebumen tahun ajaran 2019/2020.

Kata Kunci: hasil belajar IPA, sains teknologi masyarakat

 

×
Penulis Utama : Rodatus Sofiah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116176
Tahun : 2020
Judul : Optimalisasi Hasil Belajar IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Model Sains Teknologi Masyarakat di Kelas IV SDN Lerep Kebumen Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7116176-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suhartono, M.Pd
2. Ratna Hidayah, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.