Penulis Utama : Septina Handayani
NIM / NIP : K7116183
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan sosial pada materi kerajaan Hindu Budha Islam di Indonesia peserta didik kelas IV SD N II Karangasem Surakarta dengan menerapkan model teams games tournament (TGT)
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri II Karangasem Surakarta Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajidan data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan model teams games tournament dapat meninkatkan keterampilan sosial peserta didik dari prasiklus ke siklus I dan siklus II. Proses pembelajaran pada prasiklus bersifat teacher-centered sehingga keterampilan sosial peserta didik rendah. Peningkatan terjadi pada siklus I keterampilan sosial peserta didik meningkat sebesar 61,29% meskipun belum maksimal karena terdapat beberapa kendala. Keterampilan sosial peserta didik dapat meningkat menjadi 80,64% pada siklus II setelah dilakukannya perbaikan pada kendala di siklus I. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model teams games tournament (TGT) mampu meningkatkan keterampilan sosial peserta didik pada materi kerajaan Hindu Budha Islam di Indoensia peserta didik kelas IV SD Negeri II Karangasem Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020.

Kata Kunci: keterampilan sosial siswa, model pembelajaran Team Games Tournament

 

×
Penulis Utama : Septina Handayani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116183
Tahun : 2020
Judul : Penggunaan Model Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Materi Kerajaan Hindu Budha Islam di Indonesia (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri II Karangasem Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7116183-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Jenny Indrastoeti Siti Poerwanti., M.Pd
2. Dr. Siti Wahyuningsih, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.