Penulis Utama : Yustino Inas Satriya
NIM / NIP : F3317057
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi perhitungan tarif sewa kamar dengan metode full costing berdasarkan biaya-biaya yang telah dikelompokkan atau klasifikasi biaya, apakah tarif yang ditetapkan RSUD Waras Wiris Andong saat ini sudah sesuai dengan besaran biaya yang ditanggung.

Langkah untuk penelitian ini adalah melakukan analisis terhadap data primer, serta melakukan pengolahan terhadap biaya-biaya yang telah dikelompokkan sebagai dasar perhitungan tarif sewa kamar RSUD Waras Wiris Andong.

Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa, tarif yang ditetapkan berdasarkan PERDA Kabupaten Boyolali No.1 tahun 2017 terlalu rendah untuk menutup kekurangan atas biaya – biaya yang dibebankan pada tarif rawat inap RSUD Waras Wiris Andong.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah total pendapatan sewa kamar RSUD Waras Wiris Andong pada tahun 2019 berdasarkan tarif yang berlaku hanya dapat menutup 50?ri total biaya yang ditanggung dalam operasional sewa kamar RSUD Waras Wiris Andong Kabupaten Boyolali, sehingga pemerintah daerah memberikan subsidi yang cukup tinggi sebesar 50% untuk menutup kekurangan atas biaya operasional yang ditanggung dalam sewa kamar rawat inap.

Berdasarkan hasil dari penelitian ini, peneliti memberikan saran yaitu dalam menentukan tarif sebaiknya RSUD Waras Wiris menghitung unit cost dengan metode full costing tiap kelas kamar, karena tarif yang berlaku berdasarkan PERDA Kabupaten Boyolali No.1 tahun 2017 sudah tidak sesuai dengan perubahan total biaya operasional tahun 2019.

Kata kunci: Metode Full Costing, Klasifikasi Biaya, Pendapatan, Tarif Sewa

×
Penulis Utama : Yustino Inas Satriya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3317057
Tahun : 2020
Judul : Evaluasi Penetapan Tarif Sewa Kamar pada Rsud Waras Wiris Andong Kabupaten Boyolali dengan Metode Full Costing
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Studi Akuntansi-F3317057-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Putri Nugrahaningsih S.E., M.Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.