Penulis Utama : Siti Wahyuning Widi Pinasti
NIM / NIP : K7116188
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan penerapan model quantum teaching dengan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar IPA tema panas dan perpindahannya pada siswa kelas V, 2) meningkatkan hasil belajar IPA tema panas dan perpindahannya pada siswa kelas V melalui penerapan model quantum teaching dengan multimedia, 3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model quantum teaching dengan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar IPA tema panas dan perpindahannya pada siswa kelas V.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan wawancara. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) langkah-langkah penerapan model quantum teaching dengan mutimedia untuk meningkatkan hasil belajar IPA tema panas dan perpindahannya pada siswa kelas V, yaitu: a) tumbuhkan dengan multimedia melalui media video, b) alami dengan multimedia melalui media teks powerpoint, c) namai, d) demontrasikan, e) ulangi dengan multimedia melalui media teks powerpoint, dan f) rayakan dengan multimedia melalui media video animasi; 2) penerapan model quantum teaching dengan mutimedia dapat meningkatkan hasil belajar IPA tema panas dan perpindahannya pada siswa kelas V SDN Kebon Gunung tahun 2019/2020 yang dapat dilihat dari persentase ketuntasan siswa yaitu 47,37% pada siklus I, 84,21% pada siklus II, dan 94,73% pada siklus III; 3) kendala penerapan model quantum teaching dengan mutimedia untuk meningkatkan hasil belajar IPA tema panas dan perpindahannya pada siswa kelas V, yaitu: a) masih ada siswa yang belum berani menanggapi presentasi kelompok lain, dan b) masih ada siswa yang pasif saat guru melakukan tanya jawab. Adapun solusi dari kendala di atas, yaitu: guru memberikan motivasi kepada siswa yang belum berani menanggapi presentasi kelompok lain, dan guru merangsang siswa yang pasif untuk bertanya dengan cara memberikan pertanyaan berkaitan dengan materi.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model quantum teaching dengan mutimedia yang dilaksanakan sesuai skenario dapat meningkatkan hasil belajar IPA tema panas dan perpindahannya pada siswa kelas V SDN Kebon Gunung tahun 2019/2020.

Kata Kunci: quantum teaching, multimedia, hasil belajar IPA.

 

 

×
Penulis Utama : Siti Wahyuning Widi Pinasti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116188
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Quantum Teaching Dengan Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Tema Panas dan Perpindahannya Pada Siswa Kelas V SDN Kebon Gunung Tahun 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7116188-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muh. Chamdani, M.Pd
2. Drs. Ngatman, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.