Penulis Utama : An-nisa Devi Anggarawati
NIM / NIP : F3417010
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur Sistem E-Tax, pendapat wajib pajak mengenai penerapan Sistem E-Tax, dan pengaruh Sistem E-Tax terhadap penerimaan pajak daerah serta kontribusinya terhadap PAD di Kabupaten Sukoharjo pada tahun 2017-2019.

Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Untuk mengetahui prosedur Sistem E-Tax, penulis melakukan wawancara kepada BKD Sukoharjo. Untuk mengetahui pendapat wajib pajak mengenai penerapan Sistem E- Tax, penulis melakukan wawancara dan membagikan kuesioner. Untuk mengetahui pengaruh Sistem E-Tax terhadap penerimaan pajak daerah, penulis menggunakan Laporan Realisasi Anggaran Kabupaten Sukoharjo Tahun 2017- 2019.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Sistem E-Tax dapat memudahkan wajib pajak dalam melakukan pelaporan dan pembayaran pajak daerah terutang. Namun, masih ada wajib pajak yang belum paham terutama dalam pengisian e-sptpd serta kendala jaringan yang error. Sistem E-Tax juga sangat berpengaruh terhadap kenaikan penerimaan pajak daerah di Kabupaten Sukoharjo. Terbukti pada tahun 2019, realisasi pajak daerah naik sebesar 11,24% dan PAD naik sebesar 51,71% dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini diketahui bahwa implementasi E-Tax pada tahun 2019 berpengaruh terhadap kenaikan penerimaan pajak daerah dan PAD di Kabupaten Sukoharjo serta adanya penerapan Sistem E-Tax wajib pajak lebih mudah dalam melakukan pelaporan dan pembayaran pajak daerah yang terutang.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis memberikan saran untuk BKD Sukoharjo agar melakukan sosialisasi guna meningkatkan pemahaman wajib pajak mengenai penggunaan Sistem E-Tax, memperbaiki jaringan agar wajib pajak dapat mengakses Sistem E-Tax dengan lancar dan nyaman, serta menerapkan E- Tax terhadap Pajak BPHTB dan PBB.

Kata Kunci: Sistem, E-Tax, Pajak Daerah

×
Penulis Utama : An-nisa Devi Anggarawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3417010
Tahun : 2020
Judul : Analisis Penerapan Sistem E-Tax sebagai Media Online dalam Pemungutan Pajak Daerah di Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Perpajakan
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Studi Perpajakan-F3417010-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Juliati, SE, M.A, Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.