Penulis Utama : Sumayyah
NIM / NIP : K7116199
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah  implementasi pendekatan saintifik dengan media konkret dalam meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun datar, (2) meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun datar dengan pendekatan saintifik dan media konkret, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi implementasi pendekatan saintifik dengan media konkret dalam meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun datar.
Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini dilaksanakan dalam tiga siklus enam pertemuan, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini ialah guru dan siswa kelas IV SDN Mengkowo berjumlah 31 siswa. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunaka triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dilaksanakan  melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah implementasi pendekatan saintifik dengan media konkret, yaitu: (a) mengamati media konkret, (b) menanya berdasarkan media, (c) mengumpulkan informasi dari media, (d) menalar, dan (e) mengkomunikasikan; (2) Implementasi pendekatan saintifik dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar Matematika tentang bangun datar; (3) kendala yang muncul yaitu pada langkah ke lima mengkomunikasikan, siswa kurang percaya diri dalam menyampaikan hasil diskusi kelompok. Solusi yang dapat diterapkan adalah guru menunjuk pada salah satu kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi dan memberikan penghargaan.
 Simpulan penelitian ini adalah implementasi pendekatan saintifik dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun datar pada siswa kelas IV SDN Mengkowo tahun ajaran 2019/2020.

Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Media Konkret, Hasil Belajar, Matematika

 

×
Penulis Utama : Sumayyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116199
Tahun : 2020
Judul : Implementasi Pendekatan Saintifik Dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Bangun Datar Pada Siswa Kelas IV SDN Mengkowo Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7116199-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyudi, M.Pd.
2. Ratna Hidayah, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.