Penulis Utama : Syifa’ Lana
NIM / NIP : K7116200
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan proses pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis   potensi lokal melalui model scientific reading based project (SRBP) pada tema peristiwa dalam kehidupan di kelas V, 2) menganalisis  kelayakan  LKPD  berbasis  potensi  lokal  melalui  model  scientific reading based project (SRBP) pada tema peristiwa dalam kehidupan di kelas V, 3) menguji keefektifan LKPD berbasis potensi lokal melalui model scientific reading based project (SRBP) pada tema peristiwa dalam kehidupan di kelas V.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD). Model pengembangan  yang digunakan adalah model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yang disederhanakan menjadi 3 langkah yaitu: tahap perencanaan, tahap desain, tahap pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 4 Karanganyar dengan satu guru dan peserta didik dengan jumlah 24 yang terdiri dari 10 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket, dan tes (pre-test dan post-test). Teknik analisis data yang digunakan  dalam  penelitian  ini,  yaitu  analisis  data kuantitatif, analisis  data kualitatif, dan uji kefektifan lembar kerja peserta didik (n-gain dan effect size).
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa:  1)  proses  pengembangan  LKPD melalui beberapa tahapan, yaitu: tahap perencanaan, tahap desain, tahap pengembangan; 2) kelayakan LKPD melalui kritik, saran, dan komentar dari para ahli, pernyataan kelayakan LKPD dari para ahli, dan komentar dari guru serta peserta didik menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan layak dan sesuai digunakan dalam pembelajaran. Sejalan dengan hasil penilaian melalui angket, yaitu dari ahli materi menunjukkan kriteria penilaian “layak dan sangat valid” (0,84), penilaian dari ahli bahasa menunjukkan kriteria penilaian “layak dan valid” (0,58), dan penilaian dari ahli media menunjukkan kriteria penilaian “layak dan valid” (0,55), hasil penilaian dari guru menunjukkan kriteria penilaian “layak dan sangat valid” (0,97) dan dari para siswa menunjukkan kriteria penilaian “layak dan sangat valid” (0,96. Kesimpulan penelitian ini adalah proses pengembangan dilakukan secara terstruktur dan terarah, lembar kerja peserta didik yang dihasilkan sudah teruji kelayakannya, dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik; Potensi Lokal; Model Scientific Reading Based Project

 

×
Penulis Utama : Syifa’ Lana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116200
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Potensi Lokal Melalui Model Scientific Reading Based Project (SRBP) Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan di Kelas V
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7116200-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd
2. Dr. Kartika Christy Suryandari, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.