Penulis Utama : Umi Roudoh
NIM / NIP : K7116208
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan dan besarnya sumbangan efektif antara kedisiplinan guru dengan kedisiplinan belajar peserta didik kelas V di SD Negeri se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode penelitian correlational (korelasi).
Populasi pada penelitian ini yaitu semua peserta didik kelas V di SD Negeri se-Kecamatan Kebumen sebanyak 1598. Sampel pada penelitian ini yaitu 335 peserta didik kelas V pada 12 SD Negeri dari 59 SD Negeri di Kecamatan Kebumen yang diambil secara acak dengan teknik pengambilan cluster random sampling menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 16. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket. Angket digunakan untuk pengumpulan data penelitian pada variabel bebas yaitu kedisiplinan guru dan variabel terikat yaitu kedisiplinan belajar peserta didik. Analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi sederhana dan sumbangan efektif (SE) dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan guru dengan kedisiplinan belajar dengan nilai signifikansi 0,000 < 0>Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kedisiplinan guru dengan kedisiplinan belajar peserta didik kelas V di SD Negeri se- Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2019/2020.

Kata Kunci: Kedisiplinan, Kedisiplinan Guru, Kedisiplinan Belajar Peserta Didik

 

×
Penulis Utama : Umi Roudoh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116208
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Kedisiplinan Guru Dengan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Kelas V Di SD Negeri Se-Kecamatan Kebumen Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7116208-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suhartono, M.Pd
2. Ratna Hidayah, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.