Penulis Utama : Alfiya Hikmawati
NIM / NIP : K7116503
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya korelasi positif minat membaca terhadap keterampilan menulis narasi, korelasi positif penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis narasi, serta  korelasi positif minat membaca dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas V SDN se-Kecamatan Alian tahun ajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN se-Kecamatan Alian pada tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 849 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu 294 siswa kelas V pada 11 SDN dari 34 SDN di Kecamatan Alian yang diambil secara acak dengan teknik pengambilan cluster random sampling menggunakan bantuan aplikasi Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 18. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan tes. Angket digunakan untuk pengumpulan data penelitian pada variable minat membaca, sedangkan tes digunakan untuk mengumpulkan data pada variabel penguasaan kosakata dan keterampilan menulis narasi. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS versi 18. Analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi sederhana dan sumbangan efektif (SE) dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi antara minat membaca dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis narasi sebesar 0,169 dengan nilai Sig. F Change = 0,000 < 0>Berdasarkan analisis dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat membaca dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas V SDN se-Kecamatan Alian tahun ajaran 2019/2020 dengan minat membaca dan penguasaan kosakata memberikan sumbangan sebesar 5,1% terhadap keterampilan menulis narasi.

Kata Kunci: Minat, Membaca, Kosakata, Menulis Narasi

 

×
Penulis Utama : Alfiya Hikmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116503
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Minat Membaca dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V SDN Sekecamatan Alian Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7116503-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd
2. Drs. Ngatman, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.