Penulis Utama : Heni Pratiwi
NIM / NIP : K7116505
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik dengan multimedia dalam peningkatan pembelajaran IPS tema Indahnya Keragaman di Negeriku; (2) meningkatkan pembelajaran IPS tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Karangpoh tahun ajaran 2019/2020; dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi yang dihadapi pada penerapan pendekatan saintifik dengan multimedia pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Karangpoh tahun ajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini ialah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Karangpoh berjumlah 29 siswa. Sumber data pada penelitian ini  yaitu siswa, guru dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan non tes. Validasi data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah penerapan pendekatan saintifik dengan multimedia, yaitu: mengamati multimedia, menanya berdasarkan multimedia, mengumpulkan informasi berdasarkan multimedia, menalar, dan mengkomunikasikan; (2) penerapan pendekatan saintifik dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPS tema Indahnya Keragaman di Negeriku. Hal ini dibuktikan dengan persentase ketuntasan proses belajar IPS dengan KKM 76 pada siklus I sebesar 77,5%, siklus II 84,4%, dan siklus III 91,4%. Kemudian, ketuntasan hasil belajar IPS dengan KKM 76 pada siklus I sebesar 72,4%, siklus II 81,03%, dan siklus III 89,6%; (3) kendala yang dihadapi, yaitu: (a) siswa belum berani mengajukan pertanyaan yang belum dipahami; (b) siswa belum berani menyampaikan pendapat; dan (c) siswa tidak menuliskan hasil diskusi pada buku. Solusinya yaitu: (a) guru memotivasi dan mendorong siswa agar berani untuk mengajukan pertanyaan; (b) guru memancing siswa agar berani menyampaikan pendapat; dan (c) guru mengarahkan siswa agar menuliskan hasil diskusi pada buku.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan saintifik dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPS tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Karangpoh tahun ajaran 2019/2020.

Kata kunci: pendekatan saintifik, multimedia, pembelajaran IPS

 

×
Penulis Utama : Heni Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116505
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Multimedia Untuk Meningkatkan Pembelajaran Ips Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Karangpoh Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7116505-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muh. Chamdani, M.Pd
2. Dr. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.