Penulis Utama : Aldila Surya Permatasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1517005
Tahun : 2020
Judul : Sistem Pelayanan Perizinan Fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) Industri Kecil dan Menengah (IKM) melalui Indonesia National Single Window (INSW) di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-D III Manajemen Administrasi-D1517005-2020
Subyek : SISTEM PELAYANAN, KITE IKM, INSW
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Surakarta mempunyai tugas melaksanakan pengawasan dan pelayanan di bidang kepabeanan dan cukai dalam daerah wewenang berdasarkan peraturan perundang-undangan. Salah satu pelayanan kepabeanan pada KPPBC TMP B Surakarta adalah pelayanan perizinan Fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) Industri Kecil dan Menengah (IKM). Untuk meningkatkan kualitas proses pelayanan perizinan Fasilitas KITE IKM, KPPBC TMP B Surakarta memanfaatkan sistem elektronik yang disebut dengan Sistem Indonesia National Single Window (INSW). Tujuan dari pengamatan dalam Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui sistem pelayanan perizinan Fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) Industri Kecil dan Menengah (IKM) melalui Indonesia National Single Window (INSW) di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Surakarta.
Jenis pengamatan yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah pengamatan langsung. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah  dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Proses yang dilakukan penulis dalam pengamatan meliputi mengamati sistem yang digunakan dan mendengarkan arahan mengenai langkah-langkah pengajuan perizinan KITE IKM di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Surakarta.
Hasil dari pengamatan yang dilakukan penulis mendeskripsikan bahwa INSW digunakan untuk memudahkan proses pelayanan permohonan perizinan KITE IKM, karena penggunaan aplikasi ini cukup mudah dan dapat diakses mandiri melalui website INSW oleh pelaku usaha. Pendekatan yang digunakan oleh penulis untuk mendeskripsikan sistem tersebut adalah asas, prinsip dan standar pelayanan publik serta faktor sistem pelayanan umum. Salah satu asas, prinsip dan standar pelayanan publik yang telah diterapkan adalah asas Transparansi, prinsip Akurasi dan standar Kompetensi Petugas Pemberi Pelayanan serta faktor sistem pelayanan umum yang saling berkaitan yaitu faktor: 1) sistem prosedur dan metode, 2) personil, 3) sarana dan prasarana dan 4) masyarakat sebagai pelanggan dalam pelayanan umum.


Kata Kunci: Sistem Pelayanan, KITE IKM, INSW

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Irsyadul Ibad, S.AB, M.Ed, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi