Penulis Utama : Ali Muhammad Thohir
NIM / NIP : D1517006
×

ABSTRAK

Prosedur pembuatan dokumen pemberitahuan impor barang merupakan salah satu kegiatan yang penting dari rangkaian kegiatan impor, yang sangat diperhatikan para importir tak terkecuali PT. Ambassador Garmindo karena berkaitan dengan kewajiban pembayaran pungutan dalam rangka impor kepada Bea dan Cukai. Pengamatan dilakukan di PT. Ambassador Garmindo untuk mengobservasi dan mengetahui bagaimana prosedur pembuatan dokumen pemberitahuan impor barang di PT. Ambassador Garmindo dengan menggunakan aplikasi modul PIB. Aplikasi modul PIB adalah modul yang diperlukan oleh importir atau PPJK dalam rangka menyiapkan dokumen pemberitahuan impor barang (PIB) untuk dikirimkan ke Bea dan Cukai dan menerima semua respon dari Bea dan Cukai.
Dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode deskriptif berperan aktif, yaitu penelitian yang memberikan gambaran terhadap objek yang diteliti secara sistematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasar hasil dari observasi, pembuatan dokumen pemberitahuan impor barang di PT. Ambassador Garmindo dalam Standar Operasional Proesedur (SOP)-nya sudah menggunakan aplikasi modul PIB yang lebih memudahkan PT. Ambassador Garmindo dalam membuat dokumen PIB sesuai dengan petunjuk dan mengacu pada peraturan dari Bea dan Cukai.
Langkah – langkah pembuatan dokumen pemberitahuan impor barang menggunakan aplikasi modul PIB mulai dari menyiapkan dokumen pelengkap seperti invoice, packing list, bill of lading, dan dokumen lainnya, kemudian menginput data pada dokumen kedalam aplikasi, dan data yang dimasukan akan diolah oleh aplikasi dan secara otomatis jumlah pungutan yang harus dibayar akan terhitung sendiri dan dokumen  PIB bisa langsung dikomunikasikan dengan Bea dan Cukai secara daring dan kemudian dokumen bisa langsung dicetak sendiri oleh perusahaan.  

 
Kata Kunci : Aplikasi Modul PIB

 

×
Penulis Utama : Ali Muhammad Thohir
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1517006
Tahun : 2020
Judul : Prosedur Pembuatan Dokumen Pemberitahuan Impor Barang menggunakan Aplikasi Modul PIB di PT. Ambassador Garmindo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-D III Manajemen Administrasi-D1517006-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Herwan Parwiyanto, S.Sos., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.