Penulis Utama : Betty Winahyu Lestari
NIM / NIP : D1517012
×

ABSTRAK

Penilaian adalah proses kegiatan untuk memberikan suatu opini nilai atas suatu objek penilaian berupa Barang Milik Negara/Daerah pada saat tertentu. Seksi Pelayanan Penilaian Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surakarta melakukan Penilaian terhadap Aset Tetap untuk mendapatkan Nilai Wajar Aset Tetap. Seksi Pelayanan Penilaian, menggunakan aplikasi Sistem Informasi Penilaian dalam melakukan penilaian Barang Milik Negara (BMN) mulai dari Input Permohonan Penilaian hingga pada Basis Data Laporan Hasil Penilaian kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN).
Pengamatan ini bertujuan untuk mengetahui dan menguraikan Sistem Informasi Penilaian Barang Milik Negara (BMN) berupa Tanah dan/ atau Bangunan pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surakarta. Dalam penulisan Laporan Tugas Akhir ini, menggunakan jenis pengamatan metode deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan secara rinci dan mendalam mengenai kondisi yang sebenarnya terjadi di lapangan dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, Sistem Informasi Penilaian Barang Milik Negara (BMN) berupa Tanah dan/ atau Bangunan pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surakarta sudah terlaksana dengan baik, terbukti dengan adanya pemenuhan Laporan Bulanan terkait Penilaian Barang Milik Negara (BMN) berupa Tanah dan/ atau Bangunan, diantaranya dimulai dengan Input Data Permohonan Penilaian oleh Surat Permohonan dari Pengelola atau Pengguna Barang. Kemudian dalam prosesnya dilakukan Verifikasi Kelengkapan Permohonan, Pembentukan Tim Penilai, Survei Lapangan, dan Penyusunan Laporan Penilaian dengan melakukan Analisis Data, Penentuan Pendekatan Penilaian, dan Simpulan Nilai untuk dijadikan Laporan Penilaian kemudian di update ke dalam Sistem Informasi Penilaian. Sebagai outputnya yaitu Uploader Laporan kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN)  khususnya Direktur Penilaian guna terpenuhinya Laporan Penilaian setiap bulannya. Serta terdapat feedback yang didapatkan dari Sistem Informasi Penilaian kepada KPKNL Surakarta terkait dengan Penilaian Barang Milik Negara (BMN).

 
Kata Kunci: Sistem Informasi Penilaian Barang Milik Negara.

 

×
Penulis Utama : Betty Winahyu Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1517012
Tahun : 2020
Judul : Sistem Informasi Penilaian Barang Milik Negara (BMN) Berupa Tanah dan/ atau Bangunan pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-D III Manajemen Administrasi-D1517012-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Herwan Parwiyanto, S.Sos, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.