Penulis Utama : Faizul Muna Febriani
NIM / NIP : F3417026
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas dan besarnya kontribusi penerimaan Pajak Restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Karanganyar dan untuk mengetahui upaya penerimaan Pajaka Restoran di Kabupaten Karanganyar.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yang meliputi Analisis Efektivitas dan Kontribusi Pajak Restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah. Data penelitian ini diperoleh dari dokumentasi dan wawancara terhadap pihak terkait.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efektivitas Pajak Restoran Kabupaten Karanganyar pada tahun 2014-2020 termasuk kriteria efektif, rata-rata tingkat efektivitas pajak restoran sebesar 179,37%. Pajak Restoran pada tahun 2014-2017 tidak memberikan kontribusi yang besar terhadap Pendapatan Asli Daerah, karena kontribusinya masih dibawah 1%, sedangkan tahun 2018 Pajak Restoran berkontribusi sebesar 1,14% yang cukup besar. Tetapi jika dirata-rata Pajak restoran pada tahun 2014-2018 belum memberikan kontribusi yang besar karena masih dibawah 1%, yaitu hanya 0,69%.

Tingkat efektivitas dan kontribusi pajak restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah terlihat bahwa tingkat efektivitas pajak restoran yang cukup tinggi dan kontribusi pajak restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah masih sangat kurang. Untuk itu perlu di sosialisasikan kembali kepada para wajib pajak bahwa pajak restoran dibebankan kepada konsumen, sehingga penerimaan pajak dapat meningkat lagi.

Kata Kunci: Efektivitas, Kontribusi, dan Pajak Restoran.

×
Penulis Utama : Faizul Muna Febriani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3417026
Tahun : 2020
Judul : Analisis Efektivitas dan Kontribusi Penerimaan Pajak Restoran di Kabupaten Karanganyar (Tahun 2014-2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Perpajakan
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Studi Perpajakan-F3417026-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Putri Nugahaningsih, S.E.,M.Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.