Penulis Utama : Khoirunisa Fany Damayanti
NIM / NIP : F3417035
×

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat pembayaran Pajak atas Usaha Mikro Kecil dan Menengah di wilayah Kelurahan Sumber Kota Surakarta.

Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, kepustakaan dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di sekitar wilayah Kelurahan Sumber Kota Surakarta. Jumlah sampel sebanyak 30 responden.

Hasil dari penelitian ini yaitu semua responden tidak mengetahui adanya Pajak Penghasilan Final atas UMKM, walaupun demikian responden berkenan membayar pajak jika adanya informasi dan sosialisasi lebih lanjut. Tetapi, juga ada yang hanya mengandalkan penarikan dari petugas.

Kesimpulan penelitian ini adalah hampir semua responden sudah pernah membayar pajak, tetapi untuk Pajak Penghasilan Final atas UMKM ini belum pernah ada yang membayar. Responden tidak membayar karena faktor ketidaktahuan, tidak ada informasi dan sosialisasi, pendapatan sedikit, tidak ada penarikan dari petugas, tidak mau kehilangan uang, tidak ada dampak secara langsung dan perpajakan itu rumit dan sulit.

Berdasarkan penelitian, penulis memberikan saran sebaiknya diadakan sosialisasi secara menyeluruh, memberikan hadiah kepada pelaku UMKM yang disiplin dan patuh terhadap peraturan perpajakan.

Kata kunci : Penghambat, PPh Final, UMKM

×
Penulis Utama : Khoirunisa Fany Damayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3417035
Tahun : 2020
Judul : Analisis Faktor Penghambat Pembayaran Pajak Penghasilan Final Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Wilayah Kelurahan Sumber Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Perpajakan
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Studi Perpajakan-F3417035-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Trisninik Ratih Wulandari, S.E., M. Si., Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.