Penulis Utama : Nurma Widya Pangestika
NIM / NIP : F3417040
×

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pemahaman wajib pajak orang pribadi terhadap pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan baik secara manual maupun e-Filing di KPP Pratama Karanganyar.

Penelitian dilaksanakan dengan metode deskriptif kualitatif dilakukan dengan pengamatan langsung di lapangan dengan survey, wawancara, menyebar kuesioner pada wajib pajak, dan data yang diambil dari KPP Pratama Karanganyar serta dokumen seperti literatur atau naskah akademik, buku, dan internet.

Pemahaman wajib pajak orang pribadi terhadap pelaporan SPT Tahunan Pajak Penghasilan di Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sragen masih rendah terbukti dengan data penyampaian SPT Tahunan yang ada di KPP Pratama Karanganyar dan survey yang dilakukan terhadap wajib pajak menunjukkan jika tidak semua wajib pajak yang telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak melaporkan SPT Tahunan-nya.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah kurangnya pengetahuan wajib pajak menjadi penyebab rendahnya tingkat pelaporan SPT Tahunan Pajak Penghasilan serta terkait kewajiban setahun sekali sehingga banyak wajib pajak yang lupa.

Kata Kunci: Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan

×
Penulis Utama : Nurma Widya Pangestika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3417040
Tahun : 2020
Judul : Analisis Pemahaman Wajib Pajak Orang Pribadi Terhadap Pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan secara Manual dan E-Filing di KPP Pratama Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Perpajakan
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Studi Perpajakan-F3417040-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Juliati, SE, M.A, Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.