Penulis Utama : Pingkan Amalia
NIM / NIP : F3417042
×

ABSTRAK

Penelitian Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan pemerintah Surakarta dengan menghitung dan menganalisa rasio kemandirian, efektivitas, keserasian dan pertumbuhan keuangan daerah pada tahun 2015-2019.

Dalam penelitian Tugas Akhir ini penulis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif yaitu dengan cara melakukan observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data serta menganalisis data sekunder berupa Laporan Realisasi Anggaran dan Belanja Daerah Surakarta tahun 2015-2019.

Berdasarkan hasil penelitian, penulis menemukan bahwa dilihat dari rasio kemandirian kinerja pemerintah Surakarta masih termasuk dalam kategori rendah tetapi sudah dianggap mampu untuk melaksanakan otonomi daerah. Dilihat pada rasio efektivitas kota Surakarta sudah efektif dan dapat menjalankan pemerintahan dengan baik. Dilihat pada rasio keserasian, rasio belanja rutin masih menjadi prioritas dibandingkan dengan belanja pembangunan. Pada rasio pertumbuhan, pendapatan PAD terus meningkat sedangkan komponen lain cenderung mengalami fluktuasi menuju ke arah negatif.

Berdasarkan kesimpulan tersebut, penulis memberikan saran agar pemerintah Surakarta dapat mengoptimalkan pengelolaan sumber daya dan potensi daerah dengan baik sehingga dapat meningkatkan pendapatan daerah secara merata dan memberikan dampak ekonomi yang baik bagi masyarakat.

Kata Kunci : Kinerja Keuangan, Analisis Rasio Keuangan, Otonomi Daerah

×
Penulis Utama : Pingkan Amalia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3417042
Tahun : 2020
Judul : Analisis Rasio Laporan Keuangan Surakarta pada Tahun 2015-2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Perpajakan
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Studi Perpajakan-F3417042-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Arum Kusumaningdyah A, S.E.,M.M.,Ak.,CA.,BKP.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.