Penulis Utama : Rizmy Dwinia Meiriyanti
NIM / NIP : F3417047
×

ABSTRAK

Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui metode perhitungan manakah yang dapat digunakan oleh perusahaan. Serta untuk mengetahui strategi tax planning PPh 21 atas pemberian natura dan kenikmatan yang dilakukan perusahaan dalam upaya mengoptimalkan beban pajak.                                                   

Langkah penelitian ini dilakukan dengan membandingkan teori dan praktik yang dilakukan oleh perusahaan. Pengolahan data analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing metode perhitungan dan pemberian natura mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan net method yang dilakukan oleh perusahaan dirasa kurang menguntungkan bagi perusahaan, karena perusahaan mengeluarkan uang yang tidak boleh dibiayakan. Penggunaan gross method dirasa kurang menguntungkan bagi karyawan, karena gaji yang diterima tidak utuh. Penggunaan gross up method merupakan jalan tengah. Perusahaan dapat membiayakan tunjangan pajak yang diberikan kepada karyawan, dan karyawan merasa disejahterakan oleh perusahaan. Pemberian natura dan kenikmatan lebih baik diberikan dalam bentuk uang yang pengeluarannya dapat dibiayakan menurut fiskal..

Kata Kunci: Natura dan Kenikmatan, Pajak Penghasilan Badan, PPh Pasal 21, Tax Planning

×
Penulis Utama : Rizmy Dwinia Meiriyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3417047
Tahun : 2020
Judul : Analisis Strategi Tax Planning atas Pajak Penghasilan Pasal 21 dalam Upaya Mengoptimalkan Beban Pajak pada Badan Usaha (Studi Kasus PT.KLM)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Perpajakan
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Studi Perpajakan-F3417047-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Hanung Triatmoko, M.Si.,Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.