Penulis Utama : Windika Puspa Apriliani
NIM / NIP : F0316101
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh multinationality terhadap tax avoidance dengan transfer pricing sebagai variabel pemoderasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode 5 tahun yakni 2014-2018.
Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukam sampel akhir hingga didapatkan 14 perusahaan dengan total 70 observasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan software Eviews 10. Tax avoidance diukur menggunakan proksi book tax differences (BTDs) dan multinational menggunakan pengukuran foreign sales ratio (FSR).Persamaan regresi yang dianalisis terdiri dari dua jenis yakni persamaan regresi berganda dan moderated regression analysis (MRA).
Hasil yang didapatkan yakni secara simultan multinationality dan leverage sebagai variabel independen dan kontrol berpengaruh terhadap tax avoidance. Secara parsial multinationality berpengaruh negatif signifikan terhadap tax avoidance, sedangkan leverage tidak berpengaruh. Transfer pricing sebagai variabel pemoderasi memiliki pengaruh positif signifikan pada pengaruh multinationality terhadap tax avoidance pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018.

Kata kunci: Tax Avoidance, Multinationality, Transfer Pricing, Leverage

 

×
Penulis Utama : Windika Puspa Apriliani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0316101
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Multinationality Terhadap Tax Avoidance Dengan Transfer Pricing Sebagai Variabel Pemoderasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2020
Program Studi : S-1 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ekonomi dan Bisnis, Jur. Akuntansi-F0316101-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Eko Arief Sudaryono M.Si, Ak. CA., BKP.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.