Penulis Utama : Deyana Chriszia
NIM / NIP : K1216022
×

ABSTRAK

Deyana Chriszia. K1216022. ANALISIS TOKOH UTAMA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL PADA SEBUAH KAPAL KARYA N.H. DINI SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2020.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) Unsur intrinsik; (2) Unsur pembentuk karakter pada tokoh utama; (3) Nilai pendidikan karakter; dan (4) Hasil kajian dari novel Pada Sebuah Kapal karya N.H. Dini sebagai bahan ajar bagi siswa kelas XII SMA berdasarkan Kompetensi Dasar 3.9 yaitu analisis isi dan kebahasaan novel. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian psikologi sastra. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan analisis dokumen. Uji validitas data yang digunakan dalam penelitian adalah triangulasi sumber data dan member check atau review informan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data mengalir (flows analysis models). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Unsur intrinsik meliputi tema, tokoh dan penokohan, latar, alur, serta sudut pandang yang saling berkaitan dalam membangun cerita. Tema novel ini adalah percintaan dari tokoh utama yaitu Sri; (2) Unsur pembentuk karakter Sri sebagai tokoh utama terdiri dari id, ego, dan superego. Unsur ego merupakan unsur yang dominan karena paling banyak memengaruhi proses pengambilan keputusan bagi kehidupan tokoh utama; (3) Nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Pada Sebuah Kapal karya N.H. Dini meliputi nilai disiplin, kerja keras, mandiri, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, dan tanggung jawab. Nilai tanggung jawab menjadi nilai yang dominan karena mampu menjadi kontrol dalam diri tokoh utama untuk menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter yang lain. Tindakan nyata tokoh dalam menerapkan nilai tanggung jawab dapat dilihat dalam menjalankan peran sebagai seorang anak, istri, sekaligus ibu; (4) Novel Pada Sebuah Kapal karya N.H. Dini dapat digunakan sebagai bahan ajar bagi siswa kelas XII SMA karena memenuhi kriteria bahan ajar yang baik meliputi aspek bahasa, psikologi, dan latar belakang budaya. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam novel juga dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan nilai yang dianggap benar dan salah oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari.

Kata kunci: Novel, Pembentuk Karakter, Nilai Pendidikan Karakter, Bahan Ajar

×
Penulis Utama : Deyana Chriszia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1216022
Tahun : 2020
Judul : Analisis Tokoh Utama dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel pada Sebuah Kapal Karya N.H. Dini serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Pendidikan Bahasa Indonesia-K1216022-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Suyitno, M.Pd
2. Dr. Edy Suryanto, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.