Penulis Utama : Aina Vita Nabila
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3517002
Tahun : 2020
Judul : Pengelolaan Sumber Daya Manusia di Cv Sinergi Media Wisata
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Studi Perpajakan-F3517002-2020
Subyek : SUMBER DAYA MANUSIA, EVENT ORGANIZER, KARAKTERISTIK KARYAWAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Sumber daya manusia atau yang sering disebut sebagai human resource, tenaga atau kekuatan manusia memiliki peran penting terhadap perkembangan perusahaan. Peneltian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui dan menganalisis karakteristik karyawan yang bekerja di CV Sinergi Media Wisata. (2) mengetahui perbedaan hak dan kewajiban yang diperoleh antara karyawan tetap dan karyawan kontrak di CV Sinergi Media Wisata. (3) mengetahui kendala yang dihadapi oleh CV Sinergi Media Wisata.

Dalam penulisan tugas akhir ini, penulis melakukan pengamatan langsung pada CV Sinergi Media Wisata yang beralamat di Gedung Grha Soloraya Lt. 1 Jl Slamet Riyadi No 1 Surakarta. Selain dengan observasi, penulis memperoleh data dengan melakukan wawancara dengan seluruh karyawan di CV Sinergi Media Wisata.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Berdasarkan empat karakteristik, karyawan CV Sinergi Media Wisata paling banyak berjenis kelamin laki-laki, dengan rentang usia 21-30 dan 31-40 tahun, berpendidikan terakhir SMA dan bekerja kurang dari 10 tahun. (2) Hak-hak karyawan sudah terpenuhi seperti gaji, insentif, dan tunjangan. Sementara hak-hak karyawan kontrak yang belum terpenuhi adalah memperoleh  Tunjangan  Hari Raya  (THR).  (3)  Kendala  yang  CV  Sinergi  Media Wisata adalah kurangnya jumlah tenaga kerja yang dimiliki, sedangkan hal tersebut berbanding terbalik dengan event-event yang mereka selenggarakan yang banyak membutuhkan tenaga.

Perusahaan sebaiknya mempekerjakan karyawan dengan usia antara 21-30 tahun karena dinilai memiliki karakter yang dinamis, kreatif, energik dan mempunyai kompetensi dan kapasitas yang tinggi dalam melakukan banyak hal, sehingga perusahaan dapat tetap berkembang di era milenial. Perusahaan juga memenuhi hak karyawan kontrak yaitu pemberian THR, serta mengatasi kekurangan jumlah tenaga kerja dengan menambah jumlah karyawan kontrak, membuka kegiatan magang dan mencari volunteer pada setiap event jika masih kekurangan tenaga.

Kata kunci: sumber daya manusia, event organizer, karakteristik karyawa

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN AWAL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Adnan Effendi, S.E, M.Sc
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi