Penulis Utama : Dwi Apriana
NIM / NIP : K1216026
×

ABSTRAK

Dwi Apriana. K1216026. KRITIK DAN NILAI SOSIAL DALAM NASKAH DRAMA KAKUS KARYA WAHYANA GIRI MC SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan Universits Sebelas Maret, Juli 2020.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kritik sosial yang terdapat dalam naskah drama Kakus karya Wahyana Giri MC; (2) mendeskripsikan nilai sosial yang terdapat dalam naskah drama Kakus karya Wahyana Giri MC; dan (3) mendeskripsikan pemanfaatan hasil penelitian berupa kritik dan nilai sosial dalam naskah drama Kakus karya Wahyana Giri MC sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia di SMA.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi atau content analysis. Data yang digunakan berupa kata atau kalimat yang terkandung dalam naskah drama dan juga dari hasil wawancara yang telah dilakukan. Sumber data yang digunakan berupa dokumen dan informan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa analisis dokumen dan wawancara. Uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu dengan teknik triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis kualitatif dengan menggunakan model interaktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kritik sosial yang terdapat dalam naskah drama Kakus karya Wahyana Giri MC yaitu kemiskinan, kejahatan, disorganisasi keluarga, pelanggaran terhadap norma-norma, masalah generasi muda dan masyarakat modern, serta birokrasi; (2) nilai sosial yang terdapat dalam naskah drama Kakus karya Wahyana Giri MC adalah nilai kasih sayang yang terdiri atas tolong-menolong, kekeluargaan, dan kepedulian; nilai tanggung jawab berupa rasa memiliki, disiplin, dan empati; serta nilai keserasian hidup yang terdiri atas keadilan, toleransi, dan  kerjasama; (3) hasil penelitian dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar materi drama dalam KD 3.19 dan KD 4.19.

Kata Kunci: Bahan Ajar, Drama, Kritik, Nilai Sosial, Pemanfaatan.

×
Penulis Utama : Dwi Apriana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1216026
Tahun : 2020
Judul : Kritik dan Nilai Sosial dalam Naskah Drama Kakus Karya Wahyana Giri Mc serta Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Pendidikan Bahasa Indonesia-K1216026-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Suyitno, M.Pd.,
2. Dr. Raheni Suhita, M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.