Penulis Utama : Palupi Wiragasari
NIM / NIP : K3315042
×

Abstrak

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem-Based Learning terhadap tingkat pemahaman dan sikap ilmiah siswa pada materi redoks kelas X MIPA 3 dan X MIPA 5 SMA Negeri 7 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang dilakukan dengan memerikan pembelajaran dengan model PBL pada kelas eksperimen dan pembelajaran langsung pada kelas kontrol. Subjek penelitian yaitu 64 peserta didik dari X MIPA 3 dan X MIPA 5. Data penelitian diperoleh melalui tes two-tier untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa, dan angket untuk sikap ilmiah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL pada materi redoks dapat memberikan pengaruh lebih baik pada pemahaman dan sikap ilmiah siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t pihak kanan dihasilkan signifikansi 0,095 untuk penguasaan konsep siswa. Uji t pihak kanan pada analisis sikap ilmiah siswa diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,06.

Kata kunci : Problem-Based Learning, penguasaan konsep, sikap ilmiah, redoks

 

×
Penulis Utama : Palupi Wiragasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3315042
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning Terhadap Penguasaan Konsep dan Sikap Ilmiah Siswa pada Pembelajaran Kimia Reaksi Redoks Kelas X MIPA SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Prog Studi Pendidikan Kimia-K3315042-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Sulistyo Saputro, M.Si., Ph.D.,
2. Budi Utami, S.Pd., M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.