Penulis Utama : Firda Nurul Fauziah
NIM / NIP : K1216031
×

ABSTRAK

 

Firda Nurul Fauziah. K1216031. PELANGGARAN PRINSIP KESANTUNAN IMPERATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI DI SMK SATYA KARYA. Skripsi, Surakarta: Fakulta Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Juli 2020.

            Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) bentuk pelanggaran prinsip kesantunan imperatif dalam interaksi guru ke siswa pada proses pembelajaran bahasa Indonesiadi kelas XI SMK Satya Karya; (2) bentuk pelanggaran prinsip kesantunan imperatif dalam interaksi siswa ke siswa pada proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI SMK Satya Karya; (3) faktor penyebab pelanggaran prinsip kesantunan imperatif dalam proses pembelajaran bahasa indonesia di kelas XI SMK Satya Karya; (4) strategi yang dapat diterapkan untuk mengatasi pelanggaran prinsip kesantunan imperatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI SMK Satya Karya. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus, menggunakan pendekatan pragmatik. Sumber data dalam penelitian ini adalah peristiwa tutur pada proses pembelajaran dengan meneliti tuturan antara siswa dengan siswa dan guru dengan siswa di kelas XITeknik  Pemesinan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara teknik rekam dan teknik catat. Peneliti menggunakan triangulasi teori dan sumber data sebagai uji validitas data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Flow Model Analysis (teknik analisis mengalir). 

            Hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa 1) ditemukan pelangaran prinsip kesantunan impertif tuturan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI SMK Satya Karya sebanyak 10 tuturan; 2) ditemukan pelangaran prinsip kesantunan impertif tuturan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI SMK Satya Karya sebanyak 38 tuturan; 3) ditemukan 6 faktor penyebab pelanggaran prinsip kesantunan imperatif dalam proses pembelajaran bahasa indonesia di kelas XI SMK Satya Karya yang sekaligus menyimpang pelanggaran kesantunan berbahasa; 4) didapatkan 5 strategi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk mengurangi pelanggaran kesantunan imperatif.

Kata Kunci : Kesantunan Berbahasa, Pelanggaran Imperatif, Tuturan Guru, Tuturan Siswa

×
Penulis Utama : Firda Nurul Fauziah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1216031
Tahun : 2020
Judul : Pelanggaran Prinsip Kesantunan Imperatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI di SMK Satya Karya
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Pendidikan Bahasa Indonesia- K1216031-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum
2. Chafit Ulya, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.