Penulis Utama : Cahyanto Dani Komaro
NIM / NIP : F1118015
×

Abstrak

Keberhasilan peningkatan PDRB provinsi di indonesia dapat terjadi karena faktor kegiatan ekonomi masyarakat disuatu negara berjalan dengan baik, untuk itu diperlukan ketersediaan kualitas infrastruktur yang memadai dan investasi sebagai faktor pendorongnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh infrastruktur, PMA, dan PMDN terhadap PDRB Propinsi di Indonesia tahun 2011-2018.
Penelitian ini menggunakan metode regresi fixed effect model dengan menggunakan data yang bersifat panel data yang terdiri dari 32 provinsi di Indonesia dengan rentang waktu 2011 – 2018. Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dari Badan Pusat Statistik (BPS), dan studi literatur penelitian terdahulu. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa infrastruktur, penanaman modal asing (PMA), dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) berpengaruh positif terhadap PDRB provinsi.
Saran yang dapat penulis sampaikan yaitu: (1) penyediaan pembangunan infrastruktur harus dilakukan secara merata dan menyentuh seluruh daerah di Indonesia, (2) Pemerintah diharapkan menggalakkan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya investasi bagi perekonomian, (3) Pemerintah menciptakan suasana investasi yang kondusif, aman serta menetapkan regulasi-regulasi yang jelas agar dapat menarik investor asing.


Kata Kunci: PDRB, Infrastruktur, PMA, PMDN, Fixed Effect Model

 

×
Penulis Utama : Cahyanto Dani Komaro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1118015
Tahun : 2020
Judul : Analisis Pengaruh Infrastruktur, PMA, dan PMDN Terhadap Pdrb Provinsi di Indonesia Tahun 2011 - 2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2020
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ekonomi dan Bisnis, Jur. Ekonomi Pembangunan-F1118015-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nurul Istiqomah, S.E., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.