Penulis Utama : Harvina Fatma Alifiani
NIM / NIP : K1216035
×

ABSTRAK

Harvina Fatma Alifiani. ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2020.

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk. faktor penyebab dan fungsi dari penggunaan alih kode dan campur kode dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Surakarta.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan observasi, wawancara dan melakukan analisis dokumen. Data dan sumber datanya berasal dari dokumen berupa transkrip hasil rekaman dan hasil wawancara, informasi dari informan yaitu guru dan siswa, dan peristiwa kegiatan pembelajaran bahasaIndonesia kelas VIII SMP Negeri 8 Surakarta. Pendekatan penelitian ini menggunakan analisis isi. Subjek penelitiannya adalah siswa dan guru. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling.Teknik uji validitas data pada penelitian ini menggunakan duacara yaitu triangulasi sumber data dan reviu informan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran bahasaIndonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Surakarta ditemukan adanya penggunaan alih kode dan campur kode. Alih kode yang ditemukan berupa alih kode intern dan alih kode ekstern. Alih kode intern yang ditemukan yaitu alih kode intern dari ragam resmi ke ragam tak resmi dan alih kode intern dari ragam tak resmi ke ragam resmi. Alih kode ekstern yang ditemukan yaitu alih kode dari bahasa Jawa ke bahasa Inggris. Campur kode yang ditemukan berupa campur kode ke dalam dan campur kode ke luar. Campur kode ke dalam yang ditemukan antara lain: (1) campur kode bahasa Indonesia dan bahasa Jawa, (2) campur kode bahasa Indonesia dan bahasa Sunda, (3) campur kode bahasa Indonesia dan bahasa Indonesia dialek Jakarta, (4) campur kode bahasa Jawa dan bahasa Indonesia dialek Jakarta, dan (5) campur kode bahasa Indonesia dan bahasa Indonesia dialek Mandarin. Campur kode ke luar yang ditemukan antara lain: (1) campur kode bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, (2) campur kode ahasa Indonesia dan bahasa Arab, (3) campur kode bahasa Jawa dan bahasa Korea, dan (4) campur kode bahasa Jawa dan bahasa Inggris.

Siswa dan guru menggunakan alih kode dan campur kode dalam pembelajaran bahasaIndonesia karena disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor penyebab penggunaan alih kode dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Surakarta meliputi faktor kebiasaan, perubahan mitra tutur, perubahan informal ke formal, dan kepanikan. Campur kode digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Surakarta disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: tempat tinggal penutur, kebiasaan, kurangnya pengetahuan kosakata bahasa Indonesia, pengaruh perkembangan bahasa, dan  lingkungan. Fungsi penggunaan alih kode dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Surakarta yaitu untuk menegaskan, meyakinkan, menirukan, menerangkan, mengimbangi mitra tutur, dan memusatkan perhatian. Campur kode digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Surakarta dengan fungsi untuk menegaskan, menyantaikan,  memprotes, memusatkan perhatian.

Kata kunci: Alih Kode, Campur Kode, Pembelajaran Bahasa Indonesia.

×
Penulis Utama : Harvina Fatma Alifiani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1216035
Tahun : 2020
Judul : lih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Pendidikan Bahasa Indonesia- K1216035-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd
2. Dr. Muhammad Rohmadi, S.S., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.