Penulis Utama : Fransisca Alda Dhiantani Rianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3517020
Tahun : 2020
Judul : Analisis Pengendalian Kualitas Produk Papan Nama Ppkbd dengan Metode C-Chart pada Cv. Krisna Mandiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Manajemen Bisnis-F3517020-2020
Subyek : PENGENDALIAN KUALITAS, ANALISIS C-CHART, PAPAN NAMA PPKBD DIAGRAM PARETO, DIAGRAM SEBAB – AKIBAT (FISHBONE CHART).
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Pengendalian  kualitas  sangat  penting  untuk diterapkan  dalam  proses produksi di perusahaan untuk menekan jumlah hasil produk yang rusak. Tujuan dari adanya pengendalian kualitas untuk mendapat kepuasan penuh dari konsumen. Penulis melakukan penelitian kualitas produk Papan Nama PPKBD periode bulan Agustus 2019 sampai dengan bulan Maret 2020 di CV. Krisna Mandiri bertujuan untuk mengetahui rata – rata kerusakan produk dan hasil dari Batas Kendali  Atas (UCL)  dan Batas Kendali  Bawah (LCL)  produk, untuk mengetahui kerusakan yang ada pada produk masih dalam batas pengendalian atau tidak, dan untuk mengetahui jenis kerusakan beserta penyebab kerusakan pada produk. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah C-Chart dengan menyertakan  diagram  bagan  kendali  atas  dan  bawah,  diagram  pareto  dan diagram sebab-akibat (fishbone chart).

Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan dari data yang ada. Jumlah kerusakan produk bulan Agustus 2019 sampai dengan bulan Maret 2020 adalah 249 produk. Dengan menggunakan bagan pengendalian kualitas C-Chart dapat diketahui rata – rata kerusakan yaitu 31,125 ; Batas Pengendalian

Atas  (UCL)  sebesar  47,8619  ;  Batas  Penngendalian Bawah  (LCL)  sebesar 14,3881 ; terdapat produk yang berada diluar batas kendali pada bulan Desember sebesar 62 produk, dan menggunakan Diagram Pareto diketahui jenis kerusakan yang sering terjadi yaitu miringnya pemotongan sebesar 115 atau 46,1%. Berdasarkan analisis menggunakan diagram sebab – akibat (fishbone chart) kerusakan produk yang paling banyak ada pada proses pemotongan yaitu miringnya pemotongan papan Nama PPKBD.

Hasil dari pembahasan analisis data dan kesimpulan penelitian yang telah dikemukakan ada beberapa saran bagi perusahaan yaitu : untuk pengendalian bahan baku sebaiknya untuk lebih teliti dalam mengecek dan memperhatikan penyimpanan bahan baku, dalam pengendalian mesin sebaiknya perusahaan melalakukan perawatan secara rutin pada mesin, sebaiknya selain melampirkan instruksi/tata cara secara tertulis pihak perusahaan juga memberikan instruksi atau   tata   cara   secra   lisan,   pengendalian  manusia   sebaiknya   perusahaan menambah  jumlah tenaga kerja yang  sudah berpengalaman dibidangnya dan melakukan pengawasan terhadap tenaga kerja.

Kata  Kunci  :  Pengendalian  Kualitas,  Analisis  C-Chart,  Papan  Nama PPKBD  Diagram  Pareto, Diagram  Sebab  –  Akibat  Fishbone  Chart).

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman depan.pdf
Bab I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Daftar pustaka.pdf
Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Ignatia Sri Seventi P ,M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi