Penulis Utama : Ahmad Pramono
NIM / NIP : K3513006
×

Abstrak

Di SMK, pengumpulan tugas dari siswa ke guru masih bersifat tradisional meggunakan kertas. Karena itu dibutuhkan asesmen untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengembangkan sistem yang berfungsi untuk memudahkan guru dalam pengumpulan dan penilaian tugas siswa SMK, serta mempermudah orang tua siswa dan civitas akademik dan non akademik untuk melihat hasil karya dan belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan Metode pengembangan yaitu metode Waterfall dengan pengujian functionality dan usability menurut ISO 9126. Pengembangan Sistem Informasi Program Studi dilakukan dengan menempuh beberapa tahap. Tahap communication, planning, modeling, construction dan deployment.
Hasil pengujian menunjukan bahwa sistem yang dikembangkan dalam penelitian ini memiliki skor functionality 1, dan skor 86.67% untuk skor usability dengan menggunakan USE Questionnaire oleh Lund, A.M. (2001). Dimana jika skor mendekati 1 ada uji functionality maka sistem dikatakan memiliki skor baik. Kemudian berdasarkan interpretasi penilaian skala Likert, kategori dari hasil perhitungan diatas adalah Sangat Baik dari sisi usability. Berdasarkan hasil penelitan, E-portofolio Tugas Siswa SMK ini diharapkan dapat digunakan sebagai asesmen belajar siswa, dapat membantu pekerjaan mengajar guru, dan membantu rekruter luar sekolah melihat hasil karya siswa.

Kata Kunci : sistem e-portofolio berbasis web, tugas siswa, codeigniter

×
Penulis Utama : Ahmad Pramono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3513006
Tahun : 2020
Judul : Pembuatan E-Portofolio Tugas Siswa SMK Berbasis Web
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer-K3513006-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rosihan Ari Yuana S.Si, M.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.