Penulis Utama : Dita Sandy Widyastuti
NIM / NIP : F1118021
×

Abstrak

Dasar penelitian ini adalah daging babi merupakan salah satu pilihan masyarakat  (non  muslim)  untuk  memenuhi  kebutuhan  protein  dari  daging sehingga industri daging babi memiliki segmen pasar tersendiri. Keberadaan RPH Babi dan Pasar Gede Surakarta menjadi sebuah indikasi terdapat rantai pasokan industri daging babi di Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rantai pasokan dari peternak sampai pada konsumen akhir serta tantangan dan strategi pemain sektor daging babi pada rantai pasokan industri daging babi di Surakarta.

Lokasi penelitian di Surakarta, populasi dari penelitian ini yaitu pemain pada rantai pasokan industri daging babi di Surakarta, sementara pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan memilih satu informan kunci yang akan memberikan rekomendasi narasumber selanjutnya dengan ketentuan masih dalam satu rantai produksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi literatur. Data yang telah ada direduksi, diinterpretasikan,  ditarik  kesimpulan.  Peneliti  menggunakan  pendekatan kualitatif-fenomenologi.

Peneliti menemukan   terdapat tiga aliran pada rantai pasokan industri daging  babi  di  Surakarta  yaitu,  aliran  produk,  aliran  keuangan,  dan  aliran informasi. Persamaan strategi yang dilakukan yaitu membeli dari banyak suplier untuk memenuhi secara cepat permintaan yang ada dan tantangan yang dihadapi memiliki kesamaan bahwa tingginya risiko gagal bayar.

Aliran yang terdapat pada rantai memiliki karakteristik masing-masing dan tidak  dapat  dipisahakan  antara  satu  dengan  yang  lain.  Strategi  oleh  pemain industri daging babi perlu kordinasi yang lebih baik antar pemain untuk mengurangi risiko gagal bayar.

Kata kunci: Manajemen Rantai, Rantai Pasokan, Daging Babi, Industri Daging

 

×
Penulis Utama : Dita Sandy Widyastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1118021
Tahun : 2020
Judul : Analisis Rantai Pasokan Industri Daging Babi di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2020
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ekonomi dan Bisnis, Jur. Ekonomi Pembangunan-F1118021-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yogi Pasca Pratama, S.E., M.E.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.