Penulis Utama : Isnaini Uswatun Hasanah
NIM / NIP : K1216041
×

ABSTRAK

Isnaini Uswatun Hasanah. KRITIK SOSIAL DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL ORANG-ORANG BIASA KARYA ANDREA HIRATA SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2020.

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan kritik sosial dalam novel  Orang Orang Biasa karya Andrea Hirata;, 2) Mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam novel  Orang Orang Biasa karya Andrea Hirata, dan 3) Mendeskripsikan pemanfaatan kritik sosial dan nilai pendidikan karakter dalam novel  Orang Orang Biasa karya Andrea Hirata sebagai bahan ajar pembelajaran menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca di SMA.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa kata, frasa, kalimat ataupun paragraf dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata. Data dan sumber data yang digunakan berupa kata, frasa, kalimat, paragraf, pencatatan dokumen, dan hasil wawancara. Teknik analisis data menggunakan model interaktif, dan uji validitas menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber data.

Berdasarkan paparan dalam rumusan masalah, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kritik sosial tersebut meliputi pendidikan, kejahatan, birokrasi, budaya masyarakat, kemiskinan, dan pemerintah. Masalah kejahatan terbagi menjadi tindak kekerasan, tindak pengancaman, tindak penyuapan, tindak pencurian dan tindak pencucian uang; 2) nilai pendidikan karakter  tersebut meliputi karakter jujur, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, dan tanggung jawab; dan 3) novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI SMA pada kompetensi dasar menganalisis isi pesan dari satu buku fiksi yang dibaca.

Kata Kunci: kritik sosial, nilai pendidikan karakter, bahan ajar

×
Penulis Utama : Isnaini Uswatun Hasanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1216041
Tahun : 2020
Judul : Kritik Sosial dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata serta Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Pendidikan Bahasa Indonesia- K1216041-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kundharu Saddhono, M.Hum.,
2. Dr. Raheni Suhita, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.