Penulis Utama : Gaby Allessa Zharain
NIM / NIP : F3517022
×

ABSTRAK

Prosedur penerimaan dan pendistribusian barang merupakan bagian yang terpenting di departemen warehouse atau gudang. Prosedur penerimaan dan pendistribusian barang yang dilakukan oleh PT Enseval Putera Megatrading Tbk cabangSurakarta ini sesuai dengan standarisasi yang juga di terapkan pada kantor pusat.   Observasi   diadakan   untuk   menggali   data  dari   sumber   data   yaitu narasumber, peristiwa serta dokumen dan arsip. Wawancara dilakukan kepada narasumber dan melakukan analisia terhadap dokumen terkait dengan prosedur penerimaan dan pendistribusian barang di bagian logistik PT Enseval Putera Megatrading Tbk.

Hasil pengamatan ini dapat disimpulkan bahwa setiap penerimaan dan pendistribusian  barang   dilakukan dibagian  gudang.  Secara  lebih  terperinci prosedur penerimaan yang dilakukan mulai dari menerima informasi di bagian satpam, lalu satpam akan memperbolehkan untuk memasuki gudang, dokumen akan dicek kelengkapannya sebelum diinput kepada sistem, setelah itu bagian pegawai gudang yang akan menata ke lokator-lokator obat. Kemudian prosedur pendistribusian barang yang akan dikirimkan kepada outlet-outlet yaitu dengan memeriksa pesanan, lalu disiapkan oleh pegawai gudang , lalu pengecekan , dan setelah itu siap dikirim kepada konsumen. Dalam pelaksanaanya masih terdapat beberapa kendala.

Beberapa kendala tersebut saran yang dapat diberikan adalah untuk menambah sumber daya manusia untuk bagian gudang, jaringan PDA yang harus distabilkan agar pada saat proses menyediakan barang  pegawai yang menyiapkan akan segera mendapatkan pesanan yang secara otomatis akan dikirimkan melalui alat yang bernama PDA ini, lalu juga masih banyak stok barang yang sering hilang maka dari itu lebih baik menambah jumlah kamera cctv untuk pengawasan lebih maksimal.

Kata Kunci : Penerimaan, Pendistribusian, Logisti

×
Penulis Utama : Gaby Allessa Zharain
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3517022
Tahun : 2020
Judul : Prosedur Penerimaan dan Pendistribusian Barang di Bagian Logistik Pt Enseval Puteramegatrading Tbk
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Manajemen Bisnis-F3517022-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Deny Dwi Hartono, S.E,M,Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.