Penulis Utama : Kharisma Diah Ayu Wulandari
NIM / NIP : K1216043
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan (1) jenis implikatur, (2) jenis praanggapan, (3) fungsi implikatur dan praanggapan dalam poster demontrasi gejayan memanggil serta (4) relevansinya sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Indonesia di SMP.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh poster demontrasi gejayan memanggil yang terjadi di Yogyakarta pada rentan waktu bulan September dan Oktober. Sampel terpilih dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik dokumen dan teknik wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analsis data kualitatif interaktif.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, seluruh data termasuk jenis implikatur konvensional. Kedua, ditemukan 6 jenis praanggapan dalam PDGM yaitu eksistensial, faktif, leksikal, non-faktif, struktural, dan konterfaktual. Ketiga, fungsi praanggapan dapat dikatakan lebih dangkal dari fungsi implikatur. Fungsi implikatur yang paling dominan adalah menyindir. Sedangkan fungsi praanggapan yang mendominasi adalah menyatakan. Keempat, terdapat relevansi sebagai bahan ajar dikarenakan dapat dijadikan bahan ajar sesuai dengan silabus pada  kurikulum SMP kelas VIII KD 4.3 yaitu menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.

Kata Kunci: Implikatur, Praanggapan, Relevansi Sebagai Bahan Ajar, Poster

×
Penulis Utama : Kharisma Diah Ayu Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1216043
Tahun : 2020
Judul : Implikatur dan Praanggapan dalam Poster Demonstrasi Gejayan Memanggil serta Relevansinya sebagai Materi Ajar Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Pendidikan Bahasa Indonesia-K1216043-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muhammad Rohmadi, M. Hum
2. Dr. Kundharu Saddhono, S.S,M.Hum
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.