Penulis Utama : Galuh Ajeng Pamiluning Tiyas
NIM / NIP : F3517023
×

ABSTRAK

Manajemen proyek merupakan pemberi pegangan bagi pelaksana mengenai alokasi  sumber daya  untuk melaksanakan kegiatan  dan  memastikan  penggunaan sumber daya secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan keterlambatan proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek Tahap 1 (4 Trainset).

Dalam penulisan tugas akhir ini, penulis melakukan pengamatan langsung pada PT. INKA (Persero) yang beralamat di Jl. Yos Sudarso No.71, Madiun Lor, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur. Selain dengan observasi, penulis memperoleh data dengan melakukan wawancara kepada staf Divisi Keproyekan dan staf Quality Control PT. INKA (Persero).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan keterlambatan proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek Tahap 1 (4 Trainset) antara lain: (1) adanya komponen reject dari Light Rail Transit (LRT) Jabodebek, (2) Keterlambatan komponan yang datang untuk proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek, (3) Adanya perubahan color scheme, (4) Keterbatasan stabling di workshop, (5) Belum selesainya pembangunan  Depo  Light Rail  Transit  (LRT) Jabodebek,  (6)  PT.  INKA (Persero) memproduksi kereta secara serial. Jika ada keterlambatan 1 trainset maka trainset berikutnya juga akan mengalami keterlambatan.

Perusahaan sebaiknya meminta supplier untuk melakukan pengecekkan terlebih dahulu komponen-komponen yang akan dikirim sehingga semua memenuhi kualifikasi yang telah ditetapkan. Perusahaan juga perlu Memastikan ulang pada client bahwa permintaan yang sudah tertera dikontrak perjanjian adalah hal yang sudah pasti agar tidak terjadi perubahan permintaan dari client.

Kata kunci: manajemen proyek, keterlambatan proyek

×
Penulis Utama : Galuh Ajeng Pamiluning Tiyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3517023
Tahun : 2020
Judul : Manajemen Proyek : Analisis Keterlambatan Proyek Light Rail Trainsit (LRT) Jabodebek Tahap 1 (Studi Kasus Pengadaan 186 Car Light Rail Transit PT. Inka)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Manajemen Bisnis-F3517023-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Haryanto, S.E., M.Si
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.