Penulis Utama : Kurnia Kusumaningrum
NIM / NIP : K1216045
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) penggunaan diksi dalam kumpulan cerpen Metafora Padma; (2) bentuk citraan dalam kumpulan cerpen Metafora Padma; (3) bentuk gaya bahasa dalam kumpulan cerpen Metafora Padma; (4) nilai moral yang terkandung dalam kumpulan cerpen Metafora Padma; dan (5) relevansi kumpulan cerpen Metafora Padma sebagai materi ajar di SMA.

Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi dengan menggambarkan atau mendeskripsikan masalah yang sedang terjadi serta menganalisis data berupa kata-kata maupun kalimat. Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan analisis dokumen dan wawancara dengan informan yang sesuai dengan fokus yang diteliti. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi data, triangulasi metode, dan triangulasi teori. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik model mengalir Miles dan Huberman. Prosedur penelitian ini terdiri dari beberapa langkah, yakni tahap persiapan penelitian, tahap pelaksanaan penelitian, dan tahap penyusunan laporan.

Dalam penelitian ini ditemukan beberapa hasil, yakni (1) penggunaan diksi yang berupa kolokasi, kata vulgar, kata sapaan, idiom, dan kata serapan dengan total 38 data; (2) penggunaan citraan yang berupa citraan penglihatan, penciuman, pendengaran, gerak, dan peraba dengan total 80 data; (3) bentuk gaya bahasa yang digunakan berupa gaya bahasa simile, metafora, personifikasi, antitesis, hiperbola, oksimoron, klimaks, ironi, sinisme, sarkasme, metonimia, alusi, eufemisme, epitet, elipsis, epizeuksis, anafora, dan apofasis dengan total 47 data; (4) terdapat nilai moral yang berupa hubungan manusia dengan manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan Tuhan dengan 39 data; dan (5) kumpulan cerpen Metafora Padma karya Bernard Batubara dikatakan relevan dan pantas digunakan sebagai materi ajar di SMA terutama pada pembelajaran sastra.

Kata kunci: Diksi, Citraan, Gaya Bahasa, Nilai Moral, Materi Ajar

×
Penulis Utama : Kurnia Kusumaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1216045
Tahun : 2020
Judul : Analisis Stilistika dan Nilai Moral dalam Kumpulan Cerpen Metafora Padma Karya Bernard Batubara serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Pendidikan Bahasa Indonesia-K1216045-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Suyitno, M.Pd
2. Dr. Rr. E. Nugraheni Eko W, S.S., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.