Penulis Utama : Istin Nurhayati
NIM / NIP : F3517029
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kompensasi terhadap kinerja organisasi di PT Penerbit Erlangga Surakarta agar pembaca dapat mengetahui pemberian kompensasi yang layak dan efektif dalam meningkatkan motivasi dan kinerja organisasi.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif, yakni dengan menggambarkan hasil penelitian tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas. Dengan metode ini diperoleh hasil berupa pengaruh pemberian kompensasi terhadap kinerja organisasi PT Penerbit Erlangga Surakarta. Dalam pengumpulan data, penulis melakukan wawancara dengan manajer dan beberapa karyawan bagian marketing PT Penerbit Erlangga Surakarta.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kompensasi berperan secara langsung terhadap motivasi karyawan, sedangkan motivasi karyawan berperan pada kinerja karyawan serta kinerja organisasi secara keseluruhan. Namun, untuk meningkatkan kinerja organisasi diperlukan sistem kompensasi yang baik dan layak. Semakin tinggi kompensasi yang diberikan, maka semakin baik pula motivasi, kinerja karyawan, dan kinerja organisasi secara keseluruhan.

Penelitian ini memberi saran bagi pihak PT Penerbit Erlangga Surakarta untuk memberikan penghargaan kepada karyawan setiap beberapa kurun waktu tertentu demi menjaga kestabilan motivasi karyawan. Penghargaan dapat berupa sertifikat, piagam penghargaan, atau dana alokasi khusus. Diharapkan pihak perusahaan selalu memantau dan menyesuaikan kompensasi dengan keadaan yang sedang terjadi, serta mengelola sistem kompensasi dengan berlandaskan UU No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan agar kompensasi dapat tepat sasaran. Selain itu pihak perusahaan diharapkan untuk memberikan perhatian yang lebih terhadap jenis kompensasi yang mampu memberi dampak langsung terhadap motivasi dan kinerja karyawan, sebagai contoh sistem pengupahan, sistem bonus, dan klaim BBM.

Kata kunci : PT Penerbit Erlangga Surakarta, kompensasi, kinerja organisas

×
Penulis Utama : Istin Nurhayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3517029
Tahun : 2020
Judul : Analisis Kompensasi sebagai Strategi Peningkatan Kinerja Organisasi di PT Penerbit Erlangga Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Manajemen Bisnis-F3517029-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Djoko Purwanto, M.BA.)
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.