Penulis Utama : Edi Prastyo
NIM / NIP : K3515017
×

Abstrak

CGUIDE merupakan aplikasi mobile yang digunakan sebagai buku petunjuk digital bagi para peserta konferensi ilmiah. Kepuasan pengguna menjadi faktor penting untuk keberhasilan suatu sistem (DeLone & McLean, 1992). Oleh karena itu, analisis kepuasan pengguna diperlukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna aplikasi CGUIDE. Selain itu, analisis ini bisa digunakan sebagai acuan untuk melakukan evaluasi atau perbaikan pada aplikasi CGUIDE.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan pengguna aplikasi CGUIDE menggunakan model EUCS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah peserta konferensi ilmiah yang pernah menggunakan aplikasi CGUIDE sebanyak 50 orang. Pengumpulan data menggunakan metode survai. Validitas data menggunakan metode korelasi product moment dan analisis data menggunakan statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengguna aplikasi mobile CGUIDE termasuk dalam kategori sangat puas dengan persentase kepuasan 81,5 persen. Kehadiran aplikasi mobile CGUIDE mampu memberikan kemudahan pengguna untuk mengakses informasi seminar menggunakan ponsel pintar mereka. Meskipun demikian, keakuratan data dan pembaruan data menjadi bagian yang harus diperhatikan dan perlu ditingkatkan lagi karena dapat mengurangi kepuasan pengguna dan mengurangi kenyamanan dalam menggunakan aplikasi CGUIDE.

Kata kunci: aplikasi, kepuasan pengguna, model EUCS

×
Penulis Utama : Edi Prastyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3515017
Tahun : 2020
Judul : Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile Cguide (Cbuddy Conference Guide) Menggunakan Model End User Computing Satisfaction (EUCS)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer-K3515017-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Cucuk Wawan Budiyanto, S.T., Ph.D,
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.