Penulis Utama : Leon Akbar
NIM / NIP : F1118038
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinan variabel yang mempengaruhi konsumsi energi listrik di Indonesia tahun 2011-2018. Terdapat 4 variabel yang digunakan sebagai determinan variabel yaitu (1) pertumbuhan ekonomi, (2) pertumbuhan penduduk, (3) Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dan (4) akses internet.
Penelitian ini menggunakan metode regresi random effect model dengan menggunakan data yang bersifat panel data yang terdiri dari 34 provinsi di Indonesia dengan rentang waktu 2011 – 2018. Data sekunder diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS), laporan statistik PT. PLN (Persero) dan studi literatur penelitian terdahulu.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) variabel pertumbuhan ekonomi tidak mempengaruhi konsumsi energi listrik, (2) variabel pertumbuhan penduduk juga tidak mempengaruhi konsumsi energi listrik, (3) variabel Indeks Pembangunan Manusia (IPM) berpengaruh positif terhadap konsumsi energi listrik dan (4) variabel akses internet berpengaruh negative terhadap konsumsi energi listrik.
Saran yang dapat penulis sampaikan yaitu: (1) mengoptimalkan potensi Energi Baru Terbarukan (EBT), (2) melakukan konservasi energi listrik dan efisiensi penggunaan energi listrik, (3) meningkatkan rasio elektrifikasi agar listrik dapat dinikmati seluruh masyarakat.


Kata Kunci: Energi Listrik, Determinan Variabel, Random Effect Model

 

×
Penulis Utama : Leon Akbar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1118038
Tahun : 2020
Judul : Determinan Variabel yang Mempengaruhi Konsumsi Energi Listrik di Indonesia Tahun 2011 - 2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2020
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ekonomi dan Bisnis, Jur. Ekonomi Pembangunan-F1118038-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nurul Istiqomah, S.E., M.Si
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.