Penulis Utama : Tri Sartika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1216068
Tahun : 2019
Judul : Analisis Struktural, Nilai Pendidikan Karakter, dan Nilai Moral Novel Si Anak Kuat Karya Tere Liye dan Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri di Tegal
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Pendidikan Bahasa Indonesia- K1216068-2019
Subyek : ANALISIS STRUKTURAL, PENDIDIKAN KARAKTER, MORAL, NOVEL SI ANAK KUAT, DAN PEMBELAJARAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAKS

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) Struktur-struktur novel Si Anak Kuat karya Tere Liye; (2) nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Si Anak Kuat karya Tere Liye; (3) nilai moral yang terdapat dalam novel Si Anak Kuat karya Tere Liye; (4) teknik penyampaian nilai dalam novel Si Anak Kuat karya Tere Liye; dan (5) pemanfaatannya dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia siswa kelas XI SMA Negeri di Tegal.

Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan metode analisis isi. Sumber data yang digunakan berupa dokumen dan informan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan analisis isi dokumen. Teknik uji validitas data yang digunakan berupa triangulasi sumber data dan triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif.

Berdasarkan hasil penelitian pada bab IV dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Analisis struktural; tema yaitu kehidupan keluarga dan masyarakat, tokoh penokohan yaitu tokoh utama bernama Amelia dan lainnya sebagai tokoh tambahan, alur dalam novel yaitu menggunakan alur maju, latar yang digunakan yaitu latar tempat, waktu, dan latar suasana, dan sudut pandang yaitu pengarang sebagai orang pertama pelaku utama; (2) Nilai pendidikan karakter dalam novel Si Anak Kuat karya Tere Liye yaitu terdapat 15 nilai pendidikan karakter dan yang paling dominan ialah nilai religius; (3) Nilai moral dalam novel Si Anak Kuat karya Tere Liye yaitu terdapat 3 nilai moral; (4) teknik penyampaian nilai terdapat 2 teknik yaitu secara langsung dan tidak langsung; (5) pemanfaatannya dalam pembelajaran melalui pembuatan bahan ajar dan wawancara terhadap narasumber.

Kata Kunci :   Analisis Struktural, Pendidikan Karakter, Moral, Novel Si Anak Kuat, Dan Pembelajaran

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Herman Joseph Waluyo, M.Pd
2. Chafit Ulya, S.Pd., M.Pd
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP