Penulis Utama : Khartika Purnamasari
NIM / NIP : K4216039
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan, unsur intrinsik dalam cerita rakyat dongkrek, makna sosial budaya dalam cerita rakyat dongkrek, nilai-nilai pendidikan dalam cerita rakyat dongkrek, dan relevansi hasil analisis cerita rakyat dongkrek sebagai materi ajar sastra Jawa di SMP.
Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra. Data dalam penelitian ini yaitu data lisan cerita rakyat Dongkrek, teori yang relevan, rencana pelaksanaan pembelajaran dan silabus. Adapun, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, perekaman, pencatatan dan analisis dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif.  
Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu, unsur intrinsik yang terdapat dalam cerita rakyat dongkrek dibangun oleh unsur tema, tokoh penokohan, latar, alur, dan amanat; makna sosial budaya dalam cerita rakyat dongkrek meliputi makna nilai solidaritas, makna nilai agama, dan makna nilai seni; nilai pendidikan yang terdapat dalam cerita rakyat dongkrek  adalah nilai pendidikan agama, nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan moral dan  nilai pendidikan budaya, serta; hasil analisis cerita rakyat dongkrek relevan untuk dijadikan sebagai materi ajar bagi siswa kelas VII SMP, karena memenuhi prinsip pemilihan materi ajar yang baik, yaitu prinsip relevansi, prinsip kecukupan, dan bahasa yang digunakan tidak terlalu sulit untuk siswa.

Kata kunci: makna sosial budaya, nilai pendidikan, cerita rakyat Dongkrek, materi ajar sastra Jawa

 

×
Penulis Utama : Khartika Purnamasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4216039
Tahun : 2020
Judul : Analisis Makna Sosial Budaya dan Nilai Pendidikan Cerita Rakyat Dongkrek Serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar Sastra Jawa di SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Prog Studi Bahasa Jawa-K4216039-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Edy Suryanto, M.Pd,
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.